Iran Akhirnya Bebaskan Pelaut AS

redaksi.co.id - Iran Akhirnya Bebaskan Pelaut AS Televisi pemerintah Iran menyiarkan pernyataan pasukan Garda Revolusi Iran yang mengatakan telah membebaskan 10 pelaut Amerika Serikat yang mereka...

40 0

redaksi.co.id – Iran Akhirnya Bebaskan Pelaut AS

Televisi pemerintah Iran menyiarkan pernyataan pasukan Garda Revolusi Iran yang mengatakan telah membebaskan 10 pelaut Amerika Serikat yang mereka tahan sehari sebelumnya. Para pelaut itu dibebaskan pada Rabu (13/1), setelah terbukti tak sengaja memasuki wilayah teritorial perairan Iran.

BBC News melaporkan pada Rabu, berita pembebasan para pelaut itu datang setelah Garda Revolusi mengatakan AS telah meminta maaf atas insiden tersebut. Garda Revolusi juga telah menetapkan mereka memasuki wilayah Iran secara tak disengaja.

Sebelumnya mereka ditahan pada Selasa (12/1), setelah memasuki wilayah Iran. Sembilan pria dan seorang wanita ditahan pasukan Garda Revolusi di sebuah pangkalan Iran di Pulau Farsi, di Teluk Persia.

Kepala Angkatan Laut Garda Revolusi Iran Jenderal Ali Fadavi mengatakan, investigasi yang mereka lakukan menunjukkan masuknya pelaut AS ke wilayah perairan Iran disebabkan masalah mekanisme dalam sistem navigasi mereka. Sebelumnya, sempat mengatakan kapal AS melakukan tindakan tidak profesional selama 40 menit yang berbuah penangkapan oleh pasukannya.

“Kekuatan angkatan laut dan kapal AS menunjukkan perilaku tak profesional dan memasuki wilayah perairan (Iran) selama 40 menit,”ujarnya.

Fadavi kala itu mengatakan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif telah menyatakan sikap tegasnya melalui sambungan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry terkait hal itu. Menurutnya Zarif mengatakan kepada Kerry bahwa kapal tersebut semestinya tak masuk begitu saja dan AS harus meminta maaf.

Sementara itu juru bicara Pentagon Peter Cook mengatakan, kapal Riverine sedang bergerak ke antara Kuwait dan Bahrain saat AS kehilangan kontak dengan mereka. Para pejabat AS mengatakan, beberapa masalah mekanik membuat kapal hanyut ke perairan Iran dekat Pulau Farsi.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!