MUI Kesulitan Menentukan Gafatar sebagai Organisasi Sesat

redaksi.co.id - MUI Kesulitan Menentukan Gafatar sebagai Organisasi Sesat Majelis Ulama Indonesia (MUI) terus mengumpulkan data terkait organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).Ketua Bidang Hukum...

30 0

redaksi.co.id – MUI Kesulitan Menentukan Gafatar sebagai Organisasi Sesat

Majelis Ulama Indonesia (MUI) terus mengumpulkan data terkait organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan MUI, Zainut Tauhid Saadi, mengakui bahwa MUI berencana mengeluarkan fatwa untuk Gafatar.

Saat dihubungi Tribunnews.com, Rabu (13/1/2016), Zainut mengatakan pihaknya menemukan kendala untuk mengeluarkan fatwa bagi ormas yang dituding kadernya telah menyebarkan aliran sesat itu.

Salah satunya adalah Gafatar bukanlah organisasi keagamaan.

“Masalahnya Gafatar dia menyatakan bukan ormas Islam, jadi harus perlu pendalaman dan hati-hati,” katanya.

Untuk mengeluarkan fatwa bahwa Gafatar adalah ormas sesat, MUI harus mengumpulkan data, apakah betul organisasi yang baru berumur beberapa tahun itu telah menyebarkan ajaran agama Islam, yang tidak sesuai syariah.

“Kami sedang menghimpun laporan-laporan dari wilayah terkait dengan Gafatar,” terangnya.

Walaupun belum bisa menentukan apakah Gafatar merupakan organisasi sesat, Zainut menegaskan bahwa MUI mendukung langkah aparat Kepolisian, untuk membongkar kejahatan-kejahatan yang diduga dilakukan anggota Gafatar.

Termasuk kasus penculikan terkait Gafatar yang belakangan banyak terungkap.

“MUI mendukung kepolisian untuk terus mengembangkan kasus ini dan mengungkap secara transparan keterlibatan kelompok Gafatar, sehingga masyarakat lebih waspada terhadap setiap gerakan yang menyimpang,” ujarnya.

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!