Kelompok Afiliasi ISIS Serang Markas Uni Afrika, 50 Tewas

225

redaksi.co.id – Kelompok Afiliasi ISIS Serang Markas Uni Afrika, 50 Tewas

Aksi terormencekam kembali terjadi. Usai Indonesia, kali ini salah satu negara di Afrika, Somalia yang jadi sasaran.

Al-Shabab menyerang perwakilan markas Organisasi negara-negara Afrika, Uni Afrika yang terlekat di Selatan Somalia, Ceel Cado.

Serangan yang dilancarkan Al-Shabab tersebut menelan 50 korban jiwa. Sementara puluhan lainnya menderita luka.

Militan Al-Shababmemulai serangannya dengan melancarkan aksi bom bunuh diri. Tindakan keji itu dilakukan di depan gerbang markas Uni Afrika.

Setelah itu, Al-Shabaab tak menghentikan aksinya. Mereka langsung menyerang basis Uni Afrika itu.

Baku tembak pun terjadi. Meski Militer Somalia bersikukuh baku tembak masih berlangsung, Al-Shabab telah mengklaim bahwa markas Uni Afrika sudah dikuasai.

“Anggota kami berhasil masuk ke dalam,” sebut Juru Bicara Operasi Militer Al-Shabab, Sheikh Abdiasis Abu Musab, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (15/1/2016).

“Setelah baku tembak sengit, kami berhasil mengambil alih tempat tersebut,” sambung dia.

Radio online yang dimiliki kelompok teroris itu mengklaim telah membunuh 50 tentara Kenya. Al-Shabab juga berkoar mereka telah mengambil alih sejumlah senjata dan kendaraan di pangkalan militer itu.

Al-Shabab sudah lama dikenal sebagai otak teror di Somalia dan beberapa negara tetangganya. Lebih dari 2 tahun lalu mereka merupakan pihak yang bertanggungjawab atas penyerangan sebuah mal di Kenya, membunuh 67 orang. Grup teroris ini juga merupakan otak di balik penyerangan ke Universitas Garissa pada April 2015. 148 Mahasiswa tewas saat itu.

Kendati kelompok ini secara resmi menunjukkan loyalitasnya ke Al Qaeda, namun pada Desember 2015, 200 anggota dan salah satu pemimpin spiritualnya berbaiat kepada ISIS. Akibatnya, telah terjadi perpecahan dalam kelompok itu.

Meski sang pemimpin spiritual telah berpaling ke ISIS, beberapa anggota Al-Shabab diketahui masih setiap kepada kelompok Al Qaeda.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

loading...

Comments

comments!