Tolak Impor Gula, Petani Tebu Surati Jokowi

redaksi.co.id - Tolak Impor Gula, Petani Tebu Surati Jokowi Petani tebu rakyat menolak rencana impor gula kristal putih (GKP) yang digulirkan pemerintah. Para petani tebu yang...

33 0

redaksi.co.id – Tolak Impor Gula, Petani Tebu Surati Jokowi

Petani tebu rakyat menolak rencana impor gula kristal putih (GKP) yang digulirkan pemerintah. Para petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) melayangkan surat ke Presiden Joko Widodo terkait penolakan impor ini.

Ketua Umum APTRI Soemitro Samadikoen dalam surat tersebut mengatakan, saat ini petani tengah berupaya meningkatkan produktivitas tebu. Di sisi lain, kalangan petani ini kaget kala mendapat kabar rencana pemerintah mengimpor GKP sebanyak 200 ribu ton.

“Kebijakan tersebut menyebabkan menurunnya gairah petani dalam peningkatan produksi tebu yang pada akhirnya akan berdampak pada tidak tercapainya target produksi gula nasional,” tutur Soemitro dalam surat tersebut yag dikutip Liputan6.com, Jumat (15/1/2015).

“Selain stok masih mencukupi, keberatan kamu juga didasarkan pada kenyataan bahwa tidak ada kelangkaan gula di pasar dan harga gula masih dalam kondisi stabil,” tuturnya.

Dalam surat tersebut juga APTRI melaporkan adanya rembesan gula rafinasi alias gula industri ke pasar konsumsi. Dia mengatakan, gula rafinasi tersebut diperuntukkan untuk industri kecil dan menengah yang disalurkan melalui distributor.

APTRI, lanjut Soemitro, khwatir penyalurannya akan memperparah rembesan gula rafinasi ke pasar konsumsi.

“Kami memohon agar Bapak Presiden berkenan meninjau kembali kebijakan-kebijakan tersebut demi kesejahteraan jutaan jiwa petani tebu dan keluarganya,” katanya.

Soemitro yakin Jokowi bakal mendengar keluhannya ini.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!