Omzet Pengusaha Mal Amblas 20% Usai Teror Bom

redaksi.co.id - Omzet Pengusaha Mal Amblas 20% Usai Teror Bom Serangan bom di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat telah menggerus penjualan mal-mal di Ibukota secara signifikan.Bahkan...

10 0

redaksi.co.id – Omzet Pengusaha Mal Amblas 20% Usai Teror Bom

Serangan bom di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat telah menggerus penjualan mal-mal di Ibukota secara signifikan.

Bahkan Plaza Sarinah, pusat perbelanjaan yang dekat dengan lokasi pemboman harus menderita kerugian karena penjualannya nihil.

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Handaka Santosa menyatakan, dari 76 mal di Jakarta, hanya mal yang berada di sekitaran lokasi pemboman saja yang tutup akibat tragedi serangan bom Kamis (14/1/2016), seperti Plaza Sarinah karena masyarakat takut bepergian.

“Mal atau pusat perbelanjaan yang lain masih beroperasi seperti biasa. Manajemen mal paling hanya menutup pintu utama, karena tidak mau sembarang orang menyusup masuk membawa benda berbahaya. Tapi pengunjung masih bisa datang, belanja,” katanya.

Kondisi berbeda dengan mal-mal yang dekat dengan pemukiman warga, contohnya Mal Puri Indah yang cenderung masih ramai pengunjung. Ini karena masyarakat enggan bepergian jauh dan memutuskan pergi ke pusat perbelanjaan yang dekat dengan rumah.

Namun demikian, diakui Handaka, akibat teror bom tersebut, penjualan di mal turun signifikan hingga 20 persen. Paling parah, Plaza Sarinah, di mana sama sekali tidak ada pengunjung maupun transaksi.

“Rata-rata penurunan 20 persen dalam penjualan. Tapi ini bukan kerugian ya, melainkan penurunan income. Sedangkan mal Sarinah sampai 100 persen karena tidak ada income dan pengunjung yang datang,” jelas dia.

Dengan langkah penanganan cepat dari pemerintah, aparat keamanan serta kampanye anti teroris yang marak di sosial media, Handaka berharap, kondisi ini akan pulih dalam waktu satu sampai dua hari.

“Saya yakin satu sampai dua hari ini akan pulih karena hari ini saja sudah kembali normal aktivitas di mal. Jadi tidak pelu khawatir,” pungkasnya. (Fik/Nrm)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!