Hari Ini, Debut Kartu Hijau di Serie B Italia

redaksi.co.id - Hari Ini, Debut Kartu Hijau di Serie B Italia Kartu hijau bakal memulai debutnya di Serie B Liga Italia hari ini, Jumat (15/1/2016). Laga...

17 0

redaksi.co.id – Hari Ini, Debut Kartu Hijau di Serie B Italia

Kartu hijau bakal memulai debutnya di Serie B Liga Italia hari ini, Jumat (15/1/2016). Laga antara Spezia kontra Bari di Stadion Alberto Pico menjadi pertama kalinya kartu ini diberlakukan.

Rencana menggunakan kartu hijau di Serie B memang sudah mencuat sejak awal September 2015. Kartu hijau ini tidak akan dikeluarkan wasit ketika pertandingan masih berjalan. Melainkan, diumumkan wasit dan ofisialnya setelah pertandingan berakhir.

Kartu hijau ini bukan sebuah hukuman, melainkan penghargaan. Pemain inti, pelatih hingga pemain yang duduk di bangku cadangan bisa mendapat kartu hijau bila bersikap fair play.

Contohnya, menendang bola ke luar lapangan saat ada pemain cedera, atau mengingatkan wasit bila terjadi pelanggaran.

Presiden Serie B, Andrea Abodi, menjelaskan, penerapan kartu hijau ini dimaksudkan untuk memperbaiki citra sepak bola Italia, yang sempat tenggelam karena kasus Calciopoli.

“Ini penghargaan simbolik. Memang sangat sederhana, tapi hal terpenting adalah mengakui tindakan fair play,” ucap Abodi, seperti diberitakan media Italia, Gazzetta dello Sports.

Abodi menambahkan, “Ini salah satu inisiatif di dalam dan luar lapangan. Kartu hijau ini bisa didapat ketika ada rasa penghormatan selama permainan.”

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!