Nominasi Dipandang tak Berimbang, Tagar #Oscarsowhite Muncul

redaksi.co.id - Nominasi Dipandang tak Berimbang, Tagar #Oscarsowhite Muncul Kemarin pengumuman nominasi piala Oscar dilakukan. Hasilnya namun dianggap tidak berpihak pada pekerja seni dengan warna kulit...

23 0

redaksi.co.id – Nominasi Dipandang tak Berimbang, Tagar #Oscarsowhite Muncul

Kemarin pengumuman nominasi piala Oscar dilakukan. Hasilnya namun dianggap tidak berpihak pada pekerja seni dengan warna kulit selain putih.

Sebanyak 20 nominator dalam aktor dan aktris pendukung berkulit putih. Tahun lalu hal yang sama terjadi. Academy of Motion Pictures Arts and Sciences pun dinilai melewati film-film yang menampilkan artis dan sutradara berkulit hitam. Seperti misalnya film hit ‘Straight Outta Compton’ gagal masuk kategori film terbaik.

Tagar #Oscassowhite yang tahun lalu muncul, kembali berseliweran di dunia maya kali ini.

Will Smith (Concussion), Idris Elba (Beasts of No Nation), dan Michael B. Jordan (Creed) adalah sejumlah artis yang sebelumnya diduga masuk nominasi, tapi ternyata tidak.

Di Twitter komedian Inggris Ricky Gervais bertanya mengapa Oscar mengumumkan seluruh nominasinya yang berkulit putih. Gil Robertson, presiden African American Film Critics Association, mengatakan nominasi yang dibacakan sangat mengecewakan.

“Untuk hanya Sylvester Stallone yang menjadi nominasi dari film Creed adalah tamparan di wajah bagi banyak orang yang terlibat di proyek itu,” kata Robertson.

Menurutnya, industri film menghasilkan uang banyak di pasar luar negeri hingga menjadi penting agar industri memenuhi filmnya dengan manusia dari beragam dunia. “Yang tidak hanya hitam dan cokelat tapi juga berbagai warna.”

Pengecualian hanya diberikan bagi komedian Chris Rock yang tahun ini kembali akan pada pembawa acara Oscar pada 28 Februari mendatang. April Reign, Redaktur Pelaksana BroadwayBlack.com, pencipta tagar #Oscarssowhite namun mengatakan pembukaan lima menit oleh aktor kulit hitam seperti Chris Rock tidak menghapus 80 tahun termarjinalkannya komunitas seniman kulit berwarna di Holywood, dikutip dari Malay Mail Online, Jumat (15/1).

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!