Lakukan 5 Cara Ini untuk Mendapatkan Dana Kuliah

redaksi.co.id - Lakukan 5 Cara Ini untuk Mendapatkan Dana Kuliah Kondisi ekonomi yang tidak stabil belakangan ini membuat segala macam kebutuhan pokok menjadi sangat mahal dan...

18 0

redaksi.co.id – Lakukan 5 Cara Ini untuk Mendapatkan Dana Kuliah

Kondisi ekonomi yang tidak stabil belakangan ini membuat segala macam kebutuhan pokok menjadi sangat mahal dan sulit untuk dipenuhi.

Hal ini juga mempengaruhi biaya pendidikan yang tinggi di Indonesia. Banyak orang yang akhirnya berpikir ulang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi karena terkendala faktor biaya.

Di Indonesia, biaya pendidikan memang tergolong cukup mahal, termasuk biaya untuk melanjutkan kuliah, terutama bagi Anda yang menginginkan kuliah di perguruan tinggi yang telah memiliki nama dan mutu cukup baik di masyarakat.

Namun apa pun kondisi yang dihadapi, Anda tetap harus menomor satukan pendidikan. Karena hal itu akan menjadi modal penting untuk dapat menata masa depan dan meraih cita-cita yang diimpikan di masa mendatang.

Beberapa hal di bawah ini dapat Anda jadikan solusi bagi masalah pemenuhan dana kuliah Anda seperti dikutip dari www.cermati.com, Jumat (15/1/2016):

1. Mencari Beasiswa

Ini adalah langkah paling mudah untuk Anda jadikan sebagai solusi dalam mendapatkan dana kuliah, terutama bagi Anda yang selalu memiliki kemampuan dan nilai belajar sangat baik.

Anda dapat menjadikan beasiswa sebagai jalan ke luar bagi permasalahan uang kuliah anda.

Ada banyak sekali jenis beasiswa yang dapat ditemukan Indonesia, baik itu yang pendanaannya berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Anda hanya perlu aktif dan memiliki komitmen dalam mendapatkan beasiswa tersebut karena dengan kecerdasan yang anda miliki maka anda tidak akan mengalami kesulitan untuk memenuhi segala persyaratan yang diajukan pihak pemberi dana.

Bersyukurlah bila ternyata Anda memiliki kecerdasan yang dapat diandalkan karena dengan hal tersebut akan dengan mudah dapat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi pilihan anda dengan menggunakan beasiswa sebagai sumber dananya.

2. Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Ini hanya dapat dilakukan oleh Anda yang telah bekerja dan memiliki penghasilan tetap namun ingin tetap melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Ada banyak alasan kenapa orang ingin melanjutkan kuliahnya meskipun pada dasarnya dia telah memilki pekerjaan tetap yang memberinya penghasilan setiap bulannya, salah satunya adalah jenjang karir dan jabatan yang lebih tinggi di perusahaan.

Bila ternyata saat akan melanjutkan kulian anda mengalami masalah dana, maka anda dapat mengajukan Kredit Tanpa Agunan sebagai solusinya. Pilih dan ajukan Kredit Tanpa Agunan yang memiliki persyaratan simpel dan tidak merepotkan serta memiliki bunga yang kecil.

3. Bekerja Freelance

Bila Anda mengalami kesulitan untuk bekerja full time dan berada di kantor dalam waktu yang panjang, maka pekerjaan freelance akan sangat cocok bagi anda karena jenis pekerjaan ini sangat fleksibel dan dapat anda kerjakan di luar kantor.

Ada banyak sekali pekerjaan freelance yang dapat dilakukan untuk menghasilkan dana kuliah, di antaranya: menjadi barista di kafe, menjadi tour guide atau penerjemah bagi para turis, bahkan anda dapat memanfaatkan internet untuk mendapatkan pekerjaan yang dapat dilakukan secara online.

Selain mudah dan menyenangkan, pekerjaan jenis ini juga akan memberi kesempatan untuk mendapatkan uang dan memiliki banyak teman.

4. Berbisnis Online

Canggihnya teknologi dan cepatnya akses informasi melalui internet juga dapat anda jadikan kesempatan untuk mendapatkan uang. Cobalah untuk memulai sebuah bisnis online yang dapat anda jalankan dari rumah dan tidak menyita banyak waktu namun memberi keuntungan yang lumayan besar.

5.Sekolah dengan Ikatan Dinas

Saat ini ada banyak sekolah yang memberikan pendidikan gratis dan melakukan kontrak ikatan dinas dengan para mahasiswanya.

Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus saat memilih untuk mengikuti perkuliahan seperti ini, yaitu: bebas uang kuliah dan kesempatan untuk langsung bekerja saat telah lulus nantinya.

Masalah Biaya Bukan Menjadi Hambatan

Banyak orang yang menganggap dirinya tidak bisa kuliah hanya karena masalah dana ini.

Akan tetapi berpikirlah positif dan selalu miliki rasa percaya diri dan selalu ingin maju. Jangan jadikan alasan biaya menjadi penghalang untuk melanjutkan kuliah dan meraih gelar yang telah lama diidam-idamkan. (Ahm/Igw)

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!