6 Gaya Hidup Hemat Terencana

redaksi.co.id - 6 Gaya Hidup Hemat Terencana Memiliki gaya hidup hemat merupakan sebuah kelebihan tersendiri yang dapat Anda jadikan sebagai hal positif dalam mengelola keuangan.Dengan membiasakan...

9 0

redaksi.co.id – 6 Gaya Hidup Hemat Terencana

Memiliki gaya hidup hemat merupakan sebuah kelebihan tersendiri yang dapat Anda jadikan sebagai hal positif dalam mengelola keuangan.

Dengan membiasakan diri bergaya hidup hemat, maka Anda dengan mudah dapat menerapkan berbagai macam kebijakan dalam mengatur pengeluaran secara bijak.

Gaya hidup hemat ini juga akan sangat sesuai dengan keadaan ekonomi cenderung tidak stabil saat ini. Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam menerapkan pola hidup hemat tanpa perencanaan.

Akan tetapi, Anda dapat melakukan sebagai sebuah gaya hidup atau kebiasaan yang dapat membantu keuangan Anda tetap tertata dan digunakan efektif, seperti dikutip dari www.cermati.com, Kamis (14/1/2016):

1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Biasakan memiliki pola hidup sehat dan selalu menjaga kesehatan tubuh dengan cermat. Berolahraga dan makan dengan teratur akan membuat kesehatan anda lebih terjaga dan jarang sakit serta membutuhkan pertolongan dokter yang tentu saja akan membutuhkan sejumlah biaya.

Anda juga perlu menjaga keseimbangan waktu kerja dengan waktu istirahat anda, pastikan anda memiliki jam istirahat yang cukup setiap harinya, hal ini sangat penting untuk menjaga tubuh anda tetap fit dan sehat sepanjang waktu.

2. Membawa Bekal Saat Bepergian

Membawa bekal dari rumah saat bepergian merupakan sebuah gaya hidup sehat lainnya yang akan sangat membantu Anda dalam menghemat. Selain menghemat uang keluar, membawa bekal makan dari rumah juga akan menghemat banyak waktu Anda untuk mencari atau membeli makanan saat berada di luar rumah dan waktu tersebut dapat anda gunakan untuk istirahat sejanak dari kesibukan anda.

3. Jangan Lupakan Uang Receh

Barangkali hal ini akan terlihat sederhana dan sedikit merepotkan bagi banyak orang, namun hal kecil ini dapat menghindarkan Anda dari tumpukan uang receh atau kembalian permen saat berbelanja di supermarket.

Biasakan membawa beberapa uang recehan di dalam dompet, ini akan sangat berguna saat Anda belanja dan jumlah belanjaan yang harus anda bayarkan terdiri dari pecahan kecil yang tentu saja akan menambah jumlah uang receh, karena itu ada baiknya Anda bayarkan pecahan kecil bernilai ratusan rupiah tersebut dengan uang receh.

Hal ini akan mencegah Anda untuk membawa pulang kembali recehan saat berbelanja dan menumpuknya di rumah.

4. Lakukan Liburan Murah

Berlibur tidak harus selalu identik dengan pengeluaran dalam jumlah besar serta bepergian ke tempat yang jauh. Anda dapat menikmati liburan dengan murah meriah dan menyenangkan dengan cara mengunjungi sahabat atau keluarga. Hal ini akan menghemat uang keluar dan tentunya akan mempererat hubungan kekerabatan.

5. Miliki Budaya Menabung

Membiasakan diri untuk selalu rajin menabung juga akan membuat hemat dan tidak mengeluarkan uang dengan cara yang berlebihan.

Saat Anda menerima gaji, selalu utamakan untuk menyisihkan sekian persen di dalam rekening tabungan yang memang dikhususkan sebagai simpanan wajib. Hal ini akan membiasakan diri anda untuk disiplin dan bijak dalam mengatur uang keluar.

6. Hindari Bergaul dengan Komunitas Boros

Teman dan lingkungan pergaulan kita akan cenderung menggambarkan diri kita sendiri, karena itu cobalah untuk bijak dalam memilih komunitas dalam bergaul. Jangan bergaul dengan komunitas yang terbiasa boros dan hanya menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak begitu penting.

Biasakan Hidup Hemat Sejak Dini

Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam menerapkan pola hidup hemat di dalam kehidupan mereka karena kebiasaan yang buruk dalam mengelola keuangan selalu terulang dan sulit untuk dihilangkan.

Pola hidup hemat seharusnya telah menjadi gaya hidup yang dibiasakan sejak dini, karena itu tidak ada salahnya anda mulai membiasakan si kecil untuk selalu bergaya hidup hemat, hal ini akan sangat membantu mereka untuk terlatih dan mampu menjalani pola hidup hemat saat dewasa nanti. (Ahm/Igw)

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!