Astronaut NASA Angkatan Baru Separuhnya Perempuan

redaksi.co.id - Astronaut NASA Angkatan Baru Separuhnya Perempuan Tahun lalu menjadi tahun yang cukup luar biasa untuk eksplorasi luar angkasa. Badan Antariksa AS (NASA) mengumumkan rencana...

10 0

redaksi.co.id – Astronaut NASA Angkatan Baru Separuhnya Perempuan

Tahun lalu menjadi tahun yang cukup luar biasa untuk eksplorasi luar angkasa. Badan Antariksa AS (NASA) mengumumkan rencana untuk mendaratkan manusia pada 2030 mendatang.

Tapi mungkin banyak yang belum tahu bahwa angkatan terbaru para astronot NASA yang direkrut tahun 2013 adalah perempuan. Mereka akan menjadi kandidat untuk menempuh perjalanan ke Mars. Soal komposisisi astronot ini merupakan kali pertama NASA memiliki astronaut perempuan hingga 50 persen.

Para calon kandidat ini akan dilatih bagaimana belajar bertahan hidup. Hal ini dilakukan untuk membantu mengatasi berbagai hal yang mungkin bisa terjadi di Planet Merah tersebut.

Di Mars, suhu rata-rata mencapai -55 derajat Celcius. Di Mars juga rerdapat badai debu raksasa. Astronaut juga akan terus dibombardir dengan ion radiasi yang menyebabkan kanker.

Perjalanan ke Mars akan mencapai jarak 56 juta kilometer. Perjalanan menuju planet itu memerlukan waktu enam hingga sembilan bulan. Tim diwawancara ekslusif oleh majalah Glamour. Anne McClain (36 tahun), salah satu anggota baru ini mengenang saat pertama kali dia mendaftarkan diri menjadi astronaut NASA. “Saya ingat ketika mendapatkan telepon bahwa saya terpilih. Saya tidak bisa bernafas, tidak bisa bicara, saya menangis,” ujar dia.

McClain berpengalaman 15 bulan menerbangkan helikopter di Iraq. Dia bergabung menjadi tentara. Namun, dia merasa menjadi astronaut adalah takdirnya. “Dengan banyak konflik yang ada di dunia, eksplorasi luar angkasa mungkin bisa memberikan harapan,” kata dia.

Pada tahun 2011, perempuan yang berkontribusi pada bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan di AS. “Kami tidak pernah menentukan berapa banyak orang yang akan kita rekrut berdasarkan jenis kelaminnya. Tapi (mereka yang lolos) ini adalah orang-orang yang memenuhi syarat dari orang-orang yang kita wawancarai,” ujar Janet Kavandi, dari NASA pada saat diwawancarai melalui Google Hangout ketika kelas diumumkan pada 2013 lalu.

Proses rekrutmen ini memerlukan waktu 18 bulan. Proses perekrutan termasuk tes kesehatan, psikologi yang ketat. Semua calon kandidat yang lolos menjalani dua tahun pelatihan sebelum nantinya akan bergabung dalam 46 orang astronaut yang aktif di NASA.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!