LAPAN dan NASA akan Teliti Gerhana Matahari Total di Indonesia

redaksi.co.id - LAPAN dan NASA akan Teliti Gerhana Matahari Total di Indonesia JAKARTA -- Para astronom, peneliti, fotografer dan ilmuwan di seluruh dunia akan berondong-bondong ke...

17 0

redaksi.co.id – LAPAN dan NASA akan Teliti Gerhana Matahari Total di Indonesia

JAKARTA — Para astronom, peneliti, fotografer dan ilmuwan di seluruh dunia akan berondong-bondong ke Indonesia menyaksikan peristiwa langka gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret. Badan Antariksa AS (NASA) juga akan ikut hadir meneliti di Indonesia.

Peneliti Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Emanuel Sungging Mumpuni mengatakan lembaga antariksa Prancis juga kemungkinan akan mengonfirmasi kerja sama dengan LAPAN perihal penelitian ini. Kurang lebih 55 hari lagi GMT akan hadir di 11 provinsi Indonesia.

LAPAN akan melakukan pengamatan pada korona. Pengamatan akan dilakukan di beberapa titik dari 11 provinsi GMT yaitu, Maba Halmahera (Maluku Utara), Palu, Ternate, dan beberapa lokasi lainnya.

NASA juga turut serta dalam menyaksikan fenomena langka ini dan melakukan pengamatan terhadap korona serta apupun yang terkait dengan GMT.

Dalam penelitian ini NASA berada di titik Maba Halmahera (Maluku Utara) bersama tim dengan tim LAPAN. Lokasi ini dipilih karena waktu GMT merupakan yang terlama sekitar 3 menit. Masingmasing dari mereka akan melakukan pengamatan korona dengan menggunakan teleskop.

Ada 4 peneliti dari NASA dan 5 peneliti dari LAPAN, yang melakukan pengamatan di titik Maba Halmahera, kata Emanuel, Kamis (14/1).

Jalur GMT bermula dari Palembang, (Sumatera Selatan), Bangka, Belitung, Sampit (Kalimantan Tengah), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara).

Selain itu wilayah Indonesia lain juga dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian, seperti kota Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makasar,Kupang, Manado dan Ambon.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!