Bulan Ini, Lima Planet Bisa Terlihat dalam Satu Garis di Langit

redaksi.co.id - Bulan Ini, Lima Planet Bisa Terlihat dalam Satu Garis di Langit Pertama kalinya dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun, kita mungkin akan bisa...

46 0

redaksi.co.id – Bulan Ini, Lima Planet Bisa Terlihat dalam Satu Garis di Langit

Pertama kalinya dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun, kita mungkin akan bisa melihat lima planet bersamaan di langit. Sekitar satu jam sebelum matahati terbit, planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus akan muncul dalam garis yang membentang dari utara ke timur.

Dilansir dari Science Alert, planet-planet ini bisa diamati dari Australia. Anda mungkin bisa menjadi formasi garis ini mulai Rabu (20/1) hingga akhir Februari. Venus, Mars, Jupiter sudah muncul di langit pagi hari sejak awal tahun.

Jupiter tampak di Utara, sementara Mars tampak kemenahaan, didikuti dengan Saturnus yang tampak berwarna pucat. Terakhir, Venus akan muncul di ufuk timur.

Munculnya Merkurius membuat planet-planet yang diamati sejak zaman kuno. Merkurius baru saja beralih dari objek malam menjadi objek pagi hari. Awalnya, Merkurius akan muncul cukup rendah di ufuk timur. Namun, penampakan planet-planet ini memang samar sehingga akan cukup sulit untuk mengamatinya.

Selanjutnya, Merkuri akan terus meninggi dan pada awal Februari, Merkuri akan berkedudukan tepat di bawah terangnya Venus.Jika Anda ingin menyaksikan semua itu, Anda perlu bangun sebelum matahari terbit. Pada 28 Januari, Bulan akan tepat berada di samping Jupiter.

Pada Februari Bulan (yang berada di fase kuarter terakhirnya) akan berdampingan dengan Mars. Pada hari berikutnya, ada peluang bulan akan tepat berada di bawah planet merah.Pada pagi tanggal 4 Februari, bulan sabit akan berada dekat dengan Saturnus.

Pada 6 Februari, Bulan akan berdampingan dengan Venus dan pada 7 Februari bulan akan berada di bawah Merkurius. Pada bulan Agustus mendatang, lima planet ini bisa ‘bersama’ lagi dalam satu pemandangan di langit.

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!