Ini Tugas yang Bakal Dijalankan KEIN

redaksi.co.id - Ini Tugas yang Bakal Dijalankan KEIN Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) pada Rabu (20/1/2016). Tugas dari...

14 0

redaksi.co.id – Ini Tugas yang Bakal Dijalankan KEIN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) pada Rabu (20/1/2016). Tugas dari KEIN adalahmemberikan pendapat dan masukan soal ekonomi kepada Presiden.

Direktur Eksekutif Core, Hendri Saparini, yang akan dilantik menjadi salah anggota KEIN membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara sekitar pukul 09.30 WIB.

“Akan dilantik nanti jam 09.30. Ketuanya Pak Soetrisno Bachir, yang dulu dari PAN,” ujarnya di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Dia menjelaskan, KEIN nantinya akan bertugas memberikan pendapat dan masukan kepada Presiden yang fokusnya pada pengembangan ekonomi sektor riil.

Menurut Hendri, KEIN ini mayoritas berisikan para pelaku usaha yang selama ini bermain di sektor riil dan industri. Dengan demikian, maka diharapkan pemerintah bisa mendapatkan masukan secara langsung dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di dalam negeri.

“Karena Pak Jokowi kan bilang bahwa Indonesia harus menjadi negara produsen, harus menguatkan industrialisasi di dalam negeri. Makanya tim ini sebagian besar mereka yang bergelut di sektor riil,” tandasnya.

Untuk diketahui,Presiden jokowi akan melantik anggota KEIN yang diketuai oleh Soetrisno Bachir di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Berdasarkan jadwal kegiatan Presiden yang diterima Liputan6.com dari Biro Pers Istana Kepresidenan, Soetrisno akan dilantik Jokowi di Istana Negara pukul 09.30 WIB.

Acara tersebut nantinya akan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para menteri Kabinet Kerja, para pimpinan lembaga tinggi negara serta para Ketua Partai Politik pendukung pemerintah.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, pengangkatan Soetrisno Bachir yang merupakan Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasioan (PAN), telah melalui pertimbangan yang matang dan menjadi hak prerogatif Jokowi sebagai Presiden. “Itu sudah menjadi kewenangan Presiden,” ucap Pramono.

KEIN, kata Pramono, nantinya akan menjadi dewan penasehat Presiden di bidang ekonomi dan industri yang bertanggungjawab langsung terhadap Presiden. Rencana dibentuknya KEIN, menurut dia, telah dibahas pada September 2015. Sebab pemerintah ingin fokus ke industri dan hilirisasi.

“Namun, nantinya lembaga tersebut bukan hanya berfokus pada ekonomi tetapi juga industri. Karena itu, namanya kemungkinan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN),” ujar dia.

Berikut daftar kepengurusan KEIN:

Ketua: Soetrisno Bachir

Wakil Ketua: Arif Budimanta

Sekretaris: Putri Wardani

Anggota:

1. Hendri Saparini

2. Hariyadi Sukamdani

3. Eddy Sariaatmadja

4. Sudhamek

5. Johnny Darmawan

6. Benny Soetrisno

7. Mohamad Fadhil Hasan

8. Benny Pasaribu

9. Sonny Budi Harsono

10. Aries Muftie

11. Muhammad Syafii Antonio

12. M Najikh

13. Andri BS Sudibyo

14. Zulnahar Usman

15. Irfan Wahid

16. Donny Oskaria

17. Sugiarto Alim.

(Dny/Luqman/Gdn)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!