Durian Bagong Dipercaya Memiliki Khasiat Lebih Untuk Tubuh

Blitar - redaksi.co.id, Buah durian dikenal memiliki bau yang harum dan daging buah yang nikmat. Dengan berbagai macam varietas, buah ini akan selalu di buru penggemarnya....

52 0

Blitar – redaksi.co.id, Buah durian dikenal memiliki bau yang harum dan daging buah yang nikmat. Dengan berbagai macam varietas, buah ini akan selalu di buru penggemarnya. Bagi penggemar buah durian ini penting untuk diketahui.

Varietas durian ini tidak hanya memiliki aroma yang tajam serta rasa manis untuk dinikmati. Lebih dari itu, varietas durian yang satu ini dipercaya memiliki khasiat tersendiri bagi penikmatnya; meningkatkan stamina kaum adam serta membuat segar bagi kaum hawa. Varietas durian yang satu ini di kenal dengan sebutan durian bagong.

Selama ini belum banyak petani durian yang menanam varietas ini. Seorang perempuan asal Desa Ngrendeng, Selorejo, Blitar lah yang menanam sekaligus melakukan pembibitan durin ini.

“Ya, saya menanam 100 pohon durian jenis bagong. Sebagian pohon yang saya tanam sudah berhasil dipanen dan dijual kepada pembeli,” kata Purwatiningsih.

Menurutnya, disetiap musim durian seperti saat ini, rumahnya akan ramai didatangi para penggemar buah durian. “Mereka datang dari berbagai daerah di Jawa Timur. Biasanya mereka yang datang itu adalah teman dari penggemar durian yang sudah pernah kemari,” jelasnya.

Maseno, salah satunya penggemar durian asal Malang mengatakan bahwa dia mendengar tentang khasiat durian ini dari temannya. “Katanya durian ini selain enak, juga memiliki khasiat untuk stamina tubuh. Saya penasaran, makanya saya khusus datang ke Blitar hari ini (1/3) untuk menikmati durian ini,” urainya.  

Durian bagong memiliki ciri-ciri fisik yang khas. Buahnya cenderung bulat seperti telur yang terbalik dengan bagian ujung yang terlihat runcing. Kulit buahnya lebih tipis kemudian warna kulit buahnya hijau kekuningan dan daging buahnya tebal bersetrat halus dan lembek.

Harga durian ini tidak terlalu berbeda dengan varietas lainnya. Per buahnya dijual dikisaran tiga puluh ribu hingga lima puluh ribu rupiah. Harga ini bergantung pada besar kecil buahnya. Selain menjual buah durian, Purwaningsih juga menyediakan bibit yang dijual seharga empat puluh ribu hingga lima puluh ribu rupiah per batangnya.(ern)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!