5 Stasiun Paling Keren di Dunia

redaksi.co.id - 5 Stasiun Paling Keren di Dunia Kereta api, subway, mass rapid transit atau moda berbasis rel lainnya di sejumlah negara menjadi primadona transportasi. Tak...

23 0

redaksi.co.id – 5 Stasiun Paling Keren di Dunia

Kereta api, subway, mass rapid transit atau moda berbasis rel lainnya di sejumlah negara menjadi primadona transportasi. Tak heran, stasiun kereta pun dibuat sangat cantik, bagus dan terlebih lagi nyaman meski harus menunggu kereta berjam-jam.

Beberapa negara punya stasiun kereta yang paling bagus di dunia. Ada yang masih orisini, dalam artian tidak banyak berubah dari sejak pertama stasiun itu dibangun.

Situs traveltop menulis 5 stasiun kereta paling menakjubkan di dunia. Berikut daftarnya.

1. Grand Central Terminal

Stasiun di kota New York ini juga dikenal dengan nama Grand Central Station, stasiun bersejarah di tengah kota Manhattan, New York. Stasiun yang berlokasi di 42md St and Park Avenye iini adalah salah satu stasiun tersibuk di dunia, dan mengangkut 200.000 penumpang komuter setiap harinya.

Meski sibuk, stasiun ini mampu menampung ratusan ribu penumpang karena bangunannya luas, dan nuansa sejarahnya masih terasa kental dari struktur dan model bangunan.

2. Chhatrapati Shivaji Terminus

Nama dari stasiun di Mumbai, India ini sulit diucapkan. Tapi ini adalah salah satu stasiun yang paling terkenal di dunia. Stasiun yang awalnya bernama Victoria Terminus ini adalah stasiun yang beroperasi sejak abad ke-19.

Terkenal karena bangunannya yang bersejarah yang merupakan gabungan arsitektur dari Victorian Gothic Revival dan gaya tradisional dari India sendiri.

Gedung ini didesain oleh arsitek Britania, F W Stevens, dan menjadi simbol dari Bombay, sebagai ‘Kota Gothic’. Stasiun yang dibangun selama 10 tahun, dimulai di 1878 ini berlokasi di jantung kota Mumbai. Karena ikonik, stasiun ini juga dijadikan sebagai situs peninggalan dunia oleh UNESCO di 2004.

3. St Pancras Station

Stasiun di ibukota Inggris dibangun sejak 1868. Belakangan, stasiun ini direnovasi dan dibuat lebih moderen sebagai stasiun kelas dunia untuk penumpang domestik dan Eurostar setiap harinya.

London St Pancras International berlokasi di salah satu gedung Victoria di London, yang direstorasi untuk menjadi terminal alias stasiun kereta internasional London, yang dipindahkan dari Waterloo di 2007.

Selain stasiun, yang membuat penumpang nyaman adalah fasilitas di stasiun ini. Penumpang bisa berbelanja dan makan di sejumlah restoran di komoleks St Pancras. Seperti layanan Eurostar yang mengangkut penumpang ke Paris dan Brussels, stasiun ini juga menyediakan layanan domestik ke Nottingham, Derby, Sheffield, dan Leeds juga London Timur, Kent dan Brighton.

4. Atocha Station

Ini adalah stasiun kereta pertama di Madrid, Spanyol dan dibuka pada 9 Februari 1851. Kala itu, stasiun ini dinamai Estacion de Mediodia yang sekarang adalah area di sekitar distrik Arganzuela, sebelah selatan Parque del Retiro.

Selain pertama, Atocha juga adalah stasiun terbesar di Madrid. Struktur bangunan ini juga luar biasa begitu juga dengan material yang digunakan. Sejumlah material seperti baja dan kaca melangkapi kontruksi stasiun ini. Termasuk dengan taman tropis yang menghiasi ruang terbuka dari stasiun ini.

5. Antwerp Central

Stasiun di Belgia ini adalah salah satu stasiun yang terindah di dunia. Stasiun ini berlokasi di tengah kota Antwerp dan jika ingin belanja, hanya tinggal jalan kaki ke area pusat belanja. Di sana, banyak ditemui souvenir seperti coklat, berlian dan oleh-oleh lainnya.

Stasiun ini dibangun antara tahun 1895-1905 menggantikan stasiun lama yang dibangun pada 1854 oleh insinyur Auguste Lambeau. (Zul/Ndw)

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!