Siapa pun Presdir Freeport, Divestasi Tetap Jalan

redaksi.co.id - Siapa pun Presdir Freeport, Divestasi Tetap Jalan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan pembahasan divestasi PT Freeport Indonesia tetap berjalan meski Maroef...

8 0

redaksi.co.id – Siapa pun Presdir Freeport, Divestasi Tetap Jalan

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan pembahasan divestasi PT Freeport Indonesia tetap berjalan meski Maroef Sjamsoeddin mengundurkan diri sebagai Presiden Direktur Freeport Indonesia.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM, Bambang Gatot mengatakan pembahasan divestasi tetap dilakukannya. Pihaknya sudah menyiapkan tim yang akan menangani divestasi tersebut.

“Semua tidak terpengaruh dengan pergantian pak Maroef,” katanya di Kantor Dirjen Minerba, Selasa (19/1).

Bambang menuturkan divestasi saham merupakan kewajiban Freeport Indonesia sebagai perusahaan modal asing. Oleh sebab itu pembahasan divestasi tidak tergantung dari jabatan seseorang. Begitu pula dengan pemerintah harus melaksanakan pembahasan divestasi tersebut.

“Kewajiban mereka dilaksanakan, kami juga jalan. Mau ganti siapa pun ya semuanya akan berjalan seperti seharusnya,” ujarnya.

Sikap pengunduran diri Maroef dilakukan di saat pemerintah sedang membahas penawaran divestasi saham Freeport. Perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu sudah mengajukan penawaran 10,64% sejak 13 Januari lalu.

Pemerintah pun bergerak cepat dengan membentuk Tim Penyelesaian Divestasi yang anggotanya terdiri dari lintas instansi. Sedangkan pengunduran diri Maroef terhitung pada 18 Januari kemarin atau belum sampai sepekan sejak penyampaian penawaran divestasi itu.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!