Kalahkan Bilbao, Barcelona Kian Dekat ke Semifinal

redaksi.co.id - Kalahkan Bilbao, Barcelona Kian Dekat ke Semifinal Barcelona meraih kemenangan 2-1 atas Athletic Bilbao dalam leg pertama perempat final Copa del Rey yang berlangsung...

6 0

redaksi.co.id – Kalahkan Bilbao, Barcelona Kian Dekat ke Semifinal

Barcelona meraih kemenangan 2-1 atas Athletic Bilbao dalam leg pertama perempat final Copa del Rey yang berlangsung di Estadio San Mames, Kamis (21/1/2016) dini hari WIB. Berkat hasil positif ini, kesempatan El Barca lolos ke semifinal kian besar.

Sepasang gol kemenangan Barcelona disarangkan Munir El Haddadi menit ke-18 dan Neymar menit ke-24, sedangkan gol tunggal Bilbao dicetak Aritz Adurizmenit ke-89.

Pada leg kedua, Los Cules akan gantian menjamu Bilbao di Camp Nou, 27 Januari 2016. Barca hanya butuh hasil imbang untuk bisa melenggang ke babak empat besar.

Melawat ke markas Bilbao, Barcelona tak diperkuat sejumlah pilar penting, mulai dari Lionel Messi, Jordi Alba, hingga Luis Suarez. Meski tanpa nama-nama tersebut, El Barca tetap tampil trengginas.

Pada menit ke-15, Neymar memiliki kans bagus untuk membawa Los Cules memimpin. Akan tetapi, bola hasil tembakan kaki kanan Neymar dari dalam kotak penalti masih dapat digagalkan kiper Athletic Bilbao, Iago Herrerin.

Tiga menit berselang, Barcelona akhirnya mampu unggul lebih dulu. Umpan lambung Ivan Rakitic dari sisi kanan dapat dikonversikan Munir menjadi gol dengan sontekan kaki kiri.

Berhasil memimpin, Blaugrana semakin gencar melancarkan serangan ke pertahanan Bilbao. Hasilnya, Neymar sukses menggandakan keunggulan Barca pada menit ke-24. Berhasil mengelabui kiper dan salah seorang pemain belakang Bilbao, Neymar dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang yang sudah kosong dengan sepakan.

Tim tuan rumah masih sulit keluar dari tekanan. Bola hasil tendangan Javier Eraso dari luar kotak penalti pada menit ke-40, melebar tipis di sisi kanan gawang Barcelona. Skor 2-0 untuk keunggulan Barca tetap bertahan hingga turun minum.

Barcelona mengawali babak kedua dengan baik. Munir nyaris memperbesar keunggulan Blaugrana pada menit ke-47, tetapi bola hasil sepakan kaki kirinya usai menerima umpan dari Sergio Busquets dapat digagalkan kiper.

Hingga pertandingan berjalan 70 menit, Athletic Bilbao tak sekalipun memperoleh peluang bagus untuk mencetak gol. Berdasarkan statistisk di ESPN, Los Leones hanya melepaskan enam tembakan melenceng.

Athletic Bilbao akhirnya berhasil membobol gawang Barcelona pada menit ke-89. Umpan matang Mikel San Jose dapat dikonversikan Aritz Aduriz menjadi gol dengan tendangan kaki kiri. Sampai pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Barca tetap bertahan.

Sepanjang pertandingan, menurut catatan ESPN, Barcelonamelepaskan empat tembakan titis dari sembilan percobaan, dengan penguasaan bola 62 persen. Sementara itu, Athletic Bilbao menciptakan empat peluang emas dari 11 usaha.

Susunan Pemain:

Athletic Bilbao: 13-Iago Herrerin; 4-Aymeric Laporte, 10-Oscar de Marcos, 16-Xabier Etxeitia, 30-Inigo Lekue; 5-Javier Eraso (25-Sabin Merino 62′), 7-Benat (6 Mikel San Jose 68′), 8-Ander Iturraspe, 14-Markel Susaeta (19-Iker Muniain 56′), 15-Inaki Williams; 20-Aritz Aduriz.

Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

Barcelona: 1-Marc-Andre ter Stegen; 3-Gerard Pique, 6-Dani Alves, 14-Javier Mascherano, 20-Sergi Roberto (21-Adriano 74′); 4-Ivan Rakitic, 5-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta; 7-Arda Turan (22-Aleix Vidal 66′), 11-Neymar, 17-Munir El Haddadi (9-Sandro Ramirez 80′).

Pelatih: Luis Enrique (Spanyol)

Wasit: Jose Gonzalez

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!