Harga Daging Sapi di Indonesia Lebih Mahal Dua Kali Lipat Dibanding Malaysia

163

redaksi.co.id – Harga Daging Sapi di Indonesia Lebih Mahal Dua Kali Lipat Dibanding Malaysia

Data Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya mencatat, harga daging sapi di Indonesia sangat mahal. Pasalnya harga daging sapi jika dirupiahkan menjadi Rp 45 ribu per kilogram (kg).

Menko Maritim Rizal Ramli mengakui harga daging sapi di Indonesia sekarang bisa mencapai Rp 120 ribu per kg. Jika dibandingkan Malaysia harganya hanya mencapai Rp 60 ribu per kg, atau lebih mahal dua kali lipat

“Jadi harga daging sapinya naiknya 100 persen,” ujar Rizal usai rapat koordinasi pangan di kantornya, gedung BPPT, Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Rizal memaparkan selama ini daging sapi harganya selalu tinggi karena pola impor pangan di dalam negeri selalu diatur dengan berbagai mekanisme cara. Rizal menyebutkan sistem tersebut kuota impor atau semi kuota.

“Ini mengakibatkan harga impor pangan di Indonesia lebih tinggi dari dunia internasional,” kata Rizal.

Ke depannya, Rizal merekomendasikan kepada Kementerian Perdagangan harus merombak kembali aturan kuota impor dan semi kuota. Pasalnya ada banyak importir yang tidak terdaftar menggunakan cara seperti itu, yang mengakibatkan membentuk harga di pasar.

“Importir daging yang terdaftar itu misalnya 40, tapi yang rill itu ternyata hanya 6 atau 7. Mereka sudah punya kekuatan pasar, ditambah lagi malah mereka menentukan harga,” ungkap mantan Kepala Bulog era Presiden Abdurahman Wahid tersebut.

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!