5 Cara Mengetahui Ide Bisnis Anda Cemerlang

redaksi.co.id - 5 Cara Mengetahui Ide Bisnis Anda Cemerlang Untuk membuat bisnis yang bagus harus berawal dari ide yang baik. Tapi ide ini bukan sekedar hal...

20 0

redaksi.co.id – 5 Cara Mengetahui Ide Bisnis Anda Cemerlang

Untuk membuat bisnis yang bagus harus berawal dari ide yang baik. Tapi ide ini bukan sekedar hal yang membuat Anda jadi girang dan bersemangat.

Namun, Anda harus memastikan semua dapat berjalan menjadi sebuah bisnis yang sukses. Dilansir dari Business News Daily, Kamis (14/01/2016), berikut 5 pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum berbisnis:

1. Apakah bisnis Anda menyelesaikan masalah?

Pengusaha desain situs The Starter League Mike McGee mengatakan, ide bisnis yang baik adalah yang bisa menyelesaikan masalah.

“Kalau bisa membantu Anda, teman, keluarga, dan orang terdekat, maka kemungkinan berdampak ke orang lain sangat tinggi,” katanya.

2. Apakah orang akan membayarnya?

“Ide hanyalah ide sampai Anda mendapat konsumen yang mau membayarnya,” kata CEO Fundable, Wil Schroter. “Setiap orang bisa menyepelekan ide sederhana, tapi tidak kepada konsumen yang mau membayar.”

3. Apakah ada pangsa pasar yang khas?

Pastikan pangsa pasar ini cukup besar. Menurut CEO Hourglass Angel, Ruben Soto, bisnis Anda harus masuk ke pangsa pasar yang khas atau niche. Perusahaan yang besar tidak akan masuk ke pasar ini, jadi Anda punya kesempatan untuk berkompetisi dan menggapai ekspektasi konsumen.

4. Apakah Anda terbuka dengan saran?

Kalau Anda tidak terbuka dengan perubahan atau beradaptasi sesuai dengan keinginan konsumen, maka ide bisnis Anda mungkin tidak perlu diwujudkan.

“Sukses datang ketika orang yang mau mendengarkan,” kata CEO YaZo Marketing and Business Development Strategies. “Jadi orang yang berpikiran sempit hanya akan membunuh peluang bisnis Anda.”

5. Bisakah Anda jelaskan ide bisnis ini dengan cara sederhana?

Bisnis Anda mungkin memecahkan masalah yang sulit. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menjelaskannya dengan cara sederhana. CEO BetterWorks, Kris Duggan, menyarankan Anda untuk melakukan tes ala nenek-nenek ini.

“Maksudnya, apakah ide Anda bisa dimengerti oleh nenek Anda?” katanya. Banyak calon pengusaha menjelaskan ide bisnisnya secara bertele-tele dan pada akhirnya tidak masuk akal. (Elsa/Ndw)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!