Ini Alasan Kenapa Badan Terasa Rileks Saat Dipijat

618

redaksi.co.id, Ketika kita di pijat, terkadang kita merasa sangat rileks. Pernahkah terbesit di benak anda apa yang menyebabkan kita merasakan tenang dan rileks saat di pijat ?.

Pijat bisa menjadi salah satu pilihan sebagian orang untuk menghilangkan pegal-pegal atau mengembalikan lagi kebugaran tubuhnya. Pada dasarnya, terapi pijat merupakan teknik menekan, menggosok, dan memanipulasi kulit, otot, tendon, dan ligamen. Untuk melakukan hal itu, selain jari dan tangan, terapis pijat bisa menggunakan lengan, siku, bahkan kaki mereka. Ketika tubuh dipijat, respons tubuh berada pada dua tingkat yaitu relaksasi dan respons mekanik. Respons relaksasi sebenarnya bukan apa-apa tetapi timbul secara tidak sengaja ketika sistem saraf mendapat sentuhan.

Ketika tubuh mengalami relaksasi, detak jantung dan pernapasan akan melambat. Tekanan darah pun mengalami penurunan. Hal terpenting, saat tubuh rileks hormon stres dalam tubuh berkurang. Karena respons ini, justru kadar hormon serotonin yang meningkat sehingga anda merasa lebih santai dan positif.

Sementara itu, respons mekanik adalah perubahan fisik yang terjadi pada tubuh ketika jaringan lunak mendapatkan tekanan. Saat seseorang dipijat, sirkulasi darah akan meningkat dan terjadi aktivitas limfatik. Proses tersebut terjadi karena ada manipulasi fisik di jaringan dan produksi serotonin pada tubuh. Karena proses itu pula, suplai oksigen dan nutrisi ke sel-sel otot yang bisa membantu mendetoksifikasi sel-sel itu sendiri meningkat sehingga pembengkakan pada jaringan bisa berkurang.

Terapi pijat bisa membuat anda merasa lebih positif karena membantu menurunkan tingkat stres. Kemudian, pijat juga bisa menciptakan keseimbangan yang sehat antara pikiran, tubuh, dan jiwa. Jadi tidak ada salahnya bukan jika anda mendapat terapi pijat secara rutin. (pul)

loading...

Comments

comments!