Bentuk Dan Ukuran Kaki Tak Pengaruhi Kemampuan Jalan Bayi

- redaksi.co.id, Ketika bayi mulai belajar berjalan terkadang orang tua mulai khawatir, apakah bentuk dan ukuran kaki si bayi akan mempengaruhi proses belajar berjalannya. Akan...

49 0

redaksi.co.id, Ketika bayi mulai belajar berjalan terkadang orang tua mulai khawatir, apakah bentuk dan ukuran kaki si bayi akan mempengaruhi proses belajar berjalannya. Akan tetapi menurut ahli orthopaedi. Ternyata bentuk dan ukuran kaki si bayi tidak terlalu berpengaruh terhadap proses belajarnya jalan.

Beberapa orang beranggapan bentuk dan ukuran kaki menentukan cepat lambatnya kemampuan berjalan bayi. Namun menurut dokter spesialis orthopaedi, hal ini tidak ada kaitannya.

Tidak ada hubungannya sama sekali, kecepatan berjalan ini karena otot-ototnya bayi, dan bukan karena bentuk ukuran kakinya. Baik kecil atau besar atau panjang atau pendek itu semua tergantung kecepatan anak dalam belajar berjalan.

Anak akan mengalami berbagai fase untuk memulai proses berjalan. Kemampuan bayi yang satu dan yang lain juga tidak seragam. Ada bayi yang sudah bisa berjalan di usia 10 bulan, namun banyak juga yang baru bisa berjalan di usia satu tahun. Jika sudah sesuai fasenya untuk bayi bisa berdiri, maka para orang tua bisa mengajarkan bayinya berdiri. Tapi kalau bayi dipaksakan untuk berdiri padahal belum usianya untuk mampu berdiri, maka bisa berdampak pada kelainan tulang kaki. Bisa saja anak memiliki bentuk kaki O karena tidak sesuai fasenya disuruh untuk belajar berdiri.

Anak sudah siap untuk distimulasi berdiri jika kedua kakinya sudah bisa menapak mantap ke lantai. Saat menstimulasi, jangan pula memaksakan. Cukup dilakukan beberapa menit saja. Para pakar juga tidak menyarankan menstimulasi dengan baby walker. Baby walker hanya mengacaukan fase belajar berjalan pada anak. Memang kakinya menjadi aktif, tapi siklusnya jadi kacau. Misal saja anak belum waktunya jalan, tapi karena sudah digunakan baby walker, jadi kacau fase belajar berjalannya. (pul)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!