Detik-detik Guncangan Dahsyat Gempa 7,1 SR Alaska

redaksi.co.id - Detik-detik Guncangan Dahsyat Gempa 7,1 SR Alaska Gempa bumibesar mengguncang lepas pantai Alaska Minggu 24 Januari 2016 pagi waktu setempat. US Geological Survey atau...

35 0

redaksi.co.id – Detik-detik Guncangan Dahsyat Gempa 7,1 SR Alaska

Gempa bumibesar mengguncang lepas pantai Alaska Minggu 24 Januari 2016 pagi waktu setempat. US Geological Survey atau Badan Survei Geologi Amerika Serikat menyebut kekuatannya 7,1 skala Richter.

“Gempa dilaporkan terjadi pukul 13.30. Pusat gempa terletak 52 mil timur dari Old Iliamna, Alaska, di Semenanjung Kenai,” jelas USGS seperti dikutip dari Accu Weather, Senin (25/1/2015).

Gempa Alaskaitu dirasakan di Anchorage dan menyebabkan pemadaman listrik di wilayah tersebut.

“Setidaknya 10.000 pelanggan tanpa listrik di wilayah Anchorage pada hari Minggu pagi,” kata pihak berwenang setempat.

“Petugas pemadam kebakaran menanggapi berbagai laporan kebocoran gas, sistem alarm terdengar, dan saluran air rusak,” kata departemen itu melalui Twitter.

Gempa ini menyebabkan beberapa gangguan di Willow – termasuk pemadaman — terutama di daerah Palmer, Asosiasi Listrik Matanuska mengatakan pada halaman Facebook-nya.

Seismolog Alaska, Michael West menyebut itu adalah lindu terkuat di wilayah bagian selatan-tengah negara dalam beberapa dekade. Alaska sering dilanda gempa bumi besar, seperti tahun lalu yang berkekuatan 7,9 di Kepulauan terpencil, Aleutian.

“Namun, gempa semalam berada cukup dekat dengan pemukiman warga di Alaska,” kata West, menambahkan bahwa gempa susulan bisa berlanjut selama berminggu-minggu seperti dikutip dari ABC News.

Vincent Nusunginya dari Kenai menuturkan detik-detik saat gempat mengguncang di rumah sang kekasih.

“Mula-mula terjadi guncangan seperti gempa pada umumnya. Kemudian mulai merasakan goyangan normal dan mulai terombang-ambing,” tutur pria 34 tahun itu. “Tak lama kemudian beberapa benda berjatuhan, tapi tidak ada kerusakan.”

Kepala batalion pemadam kebakaran Kenai, Tony, menuturkan ada 2 rumah hancur akibat ledakan akibat kebocoran gas di sana. 2 lainnya terbakar sebelum petugas bisa mendekati lokasi. Petugas pemadam kebakaran terfokus melokalisir api dari agar tak merembet dari rumah-rumah di dekatnya.

“Tidak ada korban luka. Terima kasih Tuhan,” kata Tony. “Yang kedua ada ledakan besar, tapi kami beruntung tidak ada yang terluka.”

Sekitar 30 rumah disterilisasi, beberapa orang mengungsi di Kenai National Guard Armory. Sementara pihak berwenang kebocorangas memeriksa rumah-rumah warga sebelum ditempati lagi.

USGS awalnya melaporkan kekuatan gempa 7,1 SR kemudian merevisi besarannya 6,8 SR sebelum menaikkan kembali ke 7,1 SR. Selain itu, juga dilaporkan terjadi lindususulan 4,7 SR, sementara West mengatakan guncangannya 5 atau 6 SR.

Departemen Perhubungan Alaskamelaporkan pada halaman Facebook-nya, bahwa ada kerusakan jalan di dekat komunitas Kasilof, di Semenanjung Kenai. Sedangkan Gubernur Alaska, Bill Walker mengaku lega tak banyak terjadi kerusakan dan mendesak semua warga agar lebih tanggap terkait bencana alam.

Hashtag #akquake pun ramai yang teratas padaMinggu pagi di Twitter, karena orang-orang berbagi pengalaman dan memposting foto dampak gempa yang mengguncang rumah mereka.

Berikut salah satu rekaman kedahsyatan guncangan gempa 7,1 SR Alaska:

Gempa 7,1 SR yang mengguncang Alaska membuat 10.000 pelanggan di wilayah Anchorage tanpa listrik pada hari Minggu pagi. (Elevark)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!