Komnas HAM: Perkawinan Sesama Jenis Perbuatan Amoral

174

redaksi.co.id – Komnas HAM: Perkawinan Sesama Jenis Perbuatan Amoral

JAKARTA — Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Maneger Nasution mengatakan budaya dan agama-agama di Indonesia bersepakat bahwa perkawinan sesama jenis merupakan sebuah aib. Tak hanya itu, perkawinan sesama jenis juga merupakan perbuatan amoral yang harus ditolak.

“Bahkan dikategorikan sebagai perbuatan dosa,” ujarnya kepada Republika.co.id, Senin (25/1).

Undang-undang (UU) yang ada pun telah tegas menutup celah bagi pernikahan sesama jenis. Dalam UU Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 pasal 1 dengan tegas menyatakan bahwa perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri.

Tujuannya yakni menbentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.UU ini merupakan perwujudan dan bentuk komitmen dari segenap bangsa Indonesia dalam rangka membangun Negara Kesatuan Reublik Indonesia (NKRI) yang mengedepankan nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa sebagaimana termuat dalam konstitusi Indonesia.

Maneger mengatakan Indonesia memang bukanlah negara agama, tetapi menganut asas Ketuhanan Yang Maha Esa di mana semua warga negara Indonesia adalah orang beragama.Oleh karenanya, sudah semestinya Indonesia melarang pernikahan sesama jenis.

“Pembolehan terhadap perkawinan sesama jenis, bukan saja tidak sesuai dengan HAM Indonesia yaitu HAM yang adil dan beradab, tetapi juga akan melampaui keadaban kita sebagai bangsa,” tegasnya.

(red/ainin/adziroh/LN)

loading...

Comments

comments!