Kali Lamong Meluap, Tiga Desa Di Mojokerto Dilanda Banjir

Mojokerto - redaksi.co.id, Pemukiman padat penduduk di tiga desa di Kecamatan Dawar Blandong Kabupaten Mojokerto kembali tergenang banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter. Banjir ini...

36 0

Mojokerto – redaksi.co.id, Pemukiman padat penduduk di tiga desa di Kecamatan Dawar Blandong Kabupaten Mojokerto kembali tergenang banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter. Banjir ini disebabkan luapan Kali Lamong, setelah sejumlah wilayah di kawasan hulu sungai diguyur hujan.

Tiga desa di Kecamatan Dawar Blandong yang paling parah dilanda banjir, yaitu Desa Banyulegi Desa Ngarus, dan Desa Pulo Klanting. Ketinggian air mencapai kisaran satu meter. Akibatnya, ratusan rumah di tiga desa tersebut tergenang banjir.

Banjir yang menerjang tiga desa itu disebabkan luapan Kali Lamong, karena tanggul sungai tak mampu menahan debit air, serta mengalami pendangkalan. Sejumlah wilayah di kawasan hulu Kali Lamong diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir.

Air Luapan Kali Lamong ini mulai masuk ke pemukiman penduduk Senin dini hari. Khawatir ketinggian air terus meningkat, sebagian warga mulai meninggalkan rumahnya dan mengungsi ke tempat yang tidak tergenang air. Sementara warga lainnya memilih tetap bertahan, karena yakin air akan surut.

Kepada redaksi.co.id, Marjuki seorang warga mengatakan, banjir yang melanda kerap terjadi setiap kali kawasan hulu sungai diguyur hujan deras. Banjir kali ini, sudah terjadi ke 16 kalinya, sejak Desember tahun lalu.

“Banjir yang melanda praktis membuat aktivitas warga terganggu. Warga berharap pemerintah daerah setempat tak hanya memperbaiki tanggul Kali Lamong saja, namun normalisasi harus secepatnya dilakukan,” kata Marjuki. (pul)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!