Survei SSI: Pilkada serentak masih didominasi petahana

redaksi.co.id - Survei SSI: Pilkada serentak masih didominasi petahana Hasil survei yang dilakukan Skala Survei Indonesia (SSI) pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2015 masih didominasi petahana.Direktur...

47 0

redaksi.co.id – Survei SSI: Pilkada serentak masih didominasi petahana

Hasil survei yang dilakukan Skala Survei Indonesia (SSI) pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2015 masih didominasi petahana.

Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI), Abdul Hakim mengatakan, petahana yang mendominasi dalam Pilkada serentak lalu ada di pulau Jawa hingga mencapai 76 persen.”Hal serupa juga terjadi di luar pulau Jawa, terlihat 59 persen petahana menang dan ini menjadi catatan kondisi Indonesia dan dari total 82,5 persen jumlah calon petahana yang menang dalam Pilkada 2015, 63,2 persen menang,” kata Abdul dalam diskusi ‘Evaluasi Hasil Pilkada 2015, Hegemoni Petahana dan Masa Depan Demokrasi Kita’ di Gado-gado Boplo, Jakarta Pusat, Selasa (26/1).Menurut dia, kemenangan petahana dalam Pilkada lalu karena telah memiliki waktu yang sangat panjang dalam melakukan kampanye, yakni selama lima tahun atau sewaktu dia menjabat sebagai kepala daerah.”Karena petahana awalnya berkuasa selama lima tahun untuk melakukan pendekatan kepada pemilih jadi peluang menang lebih besar dibanding calon non petahana,” bebernya.Sementara, lanjut dia, lantaran calon non petahana hanya memiliki waktu singkat dalam kampanye membuatnya kalah dalam pemilihan kepala daerah tersebut.

“Calon non petahana pada umumnya hanya memiliki waktu satu atau dua tahun bahkan mereka pendekatan kepada wilayahnya sampai lima bulan untuk menyampaikan program-programnya,” tambahnya.Kemudiannya, menurutnya petahana lebih sulit dikalahkan di wilayah yang memiliki jumlah pemilih besar.

“Dari hasil penelitian menunjukan semakin besar jumlah pemilih semakin sulit petahan dikalahkan. Sebaliknya, semakin sedikit jumlah pemilih, semakin mudah petahana dikalahkan,” tutupnya.Namun, menurut Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini dari hasil penelitiannya hanya 48 persen petahana yang maju ikut lagi pilkada.

“48 persen petahana yang kalah, dari riset yang kami lakukan dan 48 yang maju lagi di Pilkada 2015,” tuturnya.Skala Survei Indonesia, meneliti petahana yang memenangi Pilkada terbanyak ada di NTT, yakni 85,7 persen.

Disusul pulau Jawa sebesar 76,6 persen, NTB dan Bali 66,7 persen. dan Sulawesi 65,5 persen.

Penelitian dilakukan terhadap 257 wilayah yang menyelenggarakan pilkada dengan margin error satu persen.Survei dilakukan di 32 provinsi seluruh Indonesia menggelar Pilkada Serentak 2015. Jumlah sample yang dianalisia adalah 257 wilayah dari 264 wilayah populasi dengan menggunakan metode purpossive sampling.

Adapun sebagian besar sumber data yang diperoleh dari publikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada http://pilkada2015.kpu.go.id per 18 Januari 2016.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!