WHO Peringatkan Virus Zika akan Menyebar ke Seluruh Amerika

redaksi.co.id - WHO Peringatkan Virus Zika akan Menyebar ke Seluruh Amerika JENEWA -- Organisasi Kesehatan PBB, WHO memperingatkan virus zika akan menyebar ke seluruh Amerika."Organisasi Kesehatan...

10 0

redaksi.co.id – WHO Peringatkan Virus Zika akan Menyebar ke Seluruh Amerika

JENEWA — Organisasi Kesehatan PBB, WHO memperingatkan virus zika akan menyebar ke seluruh Amerika.

“Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) mengantisipasi penyebaran virus zika yang berlanjut dan tampaknya akan mencapai semua negara di kawasan dimana nyamuk Aedes ditemukan,” ujar PAHO dalam pernyataan dilansir BBC, Senin (25/1).

Organisasi itu juga mengonfirmasi virus zika terdapat dalam sperma dan akan satu kasus kemungkinan trasmisi dari orang-ke-orang melalui hubungan seksual. Namun, butuh bukti lebih lanjut.

Infeksi virus zika menyebabkan gejala, seperti demam, dan sakit kepala. Virus ini telah ditemukan di 21 negara Karibia, Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Virus ini terkait dengan ribuan bayi yang lahir dengan otak tak berkembang sempurna dan kepala mereka lebih kecil dari ukuran normal. Sejumlah negara menyarankan perempuan menunda kehamilan. Belum ada vaksin atau pengobatan bagi virus zika.

Virus ini berasal dari Afrika dan pertama kali ditemukan menyebar di Brasil pada Mei 2015. Kurangnya imunitas alami di Amerika diperkirakan menjadi penyebab infeksi ini meluas.

Di Brasil terdapat 4.000 kasus microcephaly (otak kecil) sejak Oktober lalu.

Artikel Lainnya:

Polda Segera Tetapkan Tersangka Kopi ‘Sianida’ Mirna

Nama-nama Politikus yang Berpeluang Jadi Ketum Golkar

Badai Salju di AS Disebut Terbesar Kedua Setelah 1869

Polisi ‘Menjaga’ Pembantu Jessica, Teman Ngopi Mirna

10 Mitos Seks yang Wajib Dipahami

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!