Makan Berlebihan Di Malam Hari Bisa Pengaruhi Fungsi Otak

- redaksi.co.id, Hidup teratur memanglah penting untuk menjaga kesehatan kita sehari-hari. Nah, hal ini juga telah di buktikan akhir-akhir ini oleh sebuah penelitian di Amerika...

22 0

redaksi.co.id, Hidup teratur memanglah penting untuk menjaga kesehatan kita sehari-hari. Nah, hal ini juga telah di buktikan akhir-akhir ini oleh sebuah penelitian di Amerika Serikat, bahwa terlalu banyak makan di malam hari bisa mempengaruhi fungsi otak.

Usahakan anda memiliki pola makan yang teratur setiap malam. Akan jauh lebih baik juga jika porsi yang dikonsumsi tak berlebihan. Jika memang sudah memasuki waktu tidur, hindari ngemil terlalu banyak. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University California, Los Angeles menyebutkan bahwa menunda waktu makan sampai larut malam atau ngemil berlebihan di waktu tidur secara terus-menerus dapat memengaruhi fungsi kerja otak.

Menurut salah satu peneliti yang terlibat,  meskipun tuntutan pekerjaan saat ini seringkali memaksa anda untuk tetap terjaga di malam hari, namun faktanya tubuh membutuhkan siklus tertentu untuk tetap sehat. Mereka memiliki ilusi bahwa tubuh bisa bekerja setiap saat, termasuk untuk mengolah makanan. Namun sistem biologis kita bekerja berdasarkan ritme sehari-hari yang dimilikinya.

Salah satunya adalah irama sirkadian yang mengikuti siklus 24 jam dan mengatur segala sesuatu di dalam tubuh. Termasuk pelepasan hormon untuk istirahat dan terjaga. Mengacaukan siklus tidur dan terjaga tak cuma buruk bagi kesehatan seperti memicu diabetes tipe 2 dan masalah sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga memengaruhi fungsi kognitif, terutama fungsi belajar dan mekanisme memori otak. Jadi mulai sekarang biasakanlah diri anda untuk mengatur ritme kerja, istirahat dan makan secara teratur. Sehingga kesehatan anda juga terjaga dengan baik.(pul)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!