Cuaca Ekstrem Landa Asia: 85 Orang Taiwan Tewas, Bangkok 'Beku'

redaksi.co.id - Cuaca Ekstrem Landa Asia: 85 Orang Taiwan Tewas, Bangkok 'Beku' Cuaca beku melanda Asia Timur. Yang terparah terjadi di Taiwan. Setidaknya 85 orang tewas...

11 0

redaksi.co.id – Cuaca Ekstrem Landa Asia: 85 Orang Taiwan Tewas, Bangkok 'Beku'

Cuaca beku melanda Asia Timur. Yang terparah terjadi di Taiwan. Setidaknya 85 orang tewas di seantero Formosa. Media setempat mengabarkan, korban tewas akibat hipotermia dan gangguan jantung menyusul merosotnya suhu udara sepanjang akhir pekan lalu. Kebanyakan yang meninggal dunia adalah para lanjut usia (lansia) yang tinggal di wilayah utara, seperti Taipei dan Taoyuan. Di dua kota itu saja, 66 orang kehilangan nyawa. Sementara, 16 korban lainnya tercatat berasal dari Kaohsiung.Temperatur di ibukota Taiwan, Taipei mencapai titik terendah dalam 44 tahun. Hanya sekitar 4 derajat Celcius pada Minggu 24 Januari 2016. Penghangat ruangan tak mampu mengatasi cuaca yang menggigil itu.

“Berdasarkan pengalaman kami, penyebabnya bukan suhu udara melainkan penurunan drastis yang terlalu mengagetkan bagi sistem peredaran darah,” kata salah satu pejabat kota, seperti dikutip dari BBC, Selasa (26/1/2016). Seorang pria bernama Chen ditemukan tewas di jalan pada Minggu pagi. Demikian dikutip dari Focus Taiwan. Namun, kebanyakan korban jiwa di Taipei dan New Taipei City justru ditemukan sedang berada di dalam ruangan. Pihak berwenang memperingatkan, warga — khususnya para lansia — untuk menjaga tubuh tetap hangat. Ribuan turis terjebakSementara itu di Korea Selatan, lebih dari 500 penerbangan domestik maupun internasional dibatalkan dari dan ke Pulau Jeju. Jeju yang biasanya hangat, diterpa cuaca ekstrem hingga -6 derajat Celcius.

Ribuan turis terjebak di bandara selama akhir pekan. Yonhap melaporkan, aparat setempat berusaha menyediakan akomodasi dan transportasi bagi para wisatawan.Sementara itu, di Hong Kong, warga menggigil kedinginan di tengah udara dingin 3 derajat Celcius yang menerpa kota tersebut, temperatur terendah yang tercatat selama kurun waktu 60 tahun. Penampakan luar biasa disaksikan warga Guangzhou dan Shenzhen. Mereka menyaksikan salju turun ke kota mereka. Lalu di Pulau Okinawa, Jepang warga mengalami hujan bercampur es dan salju. Badai salju juga menerjang wilayah lain di Negeri Sakura. Lebih dari 600 penerbangan domestik dibatalkan sepanjang Minggu dan Senin. Setidaknya 5 orang dinyatakan meninggal dunia di Jepang. Sementara, 100 lainnya luka. Suhu udara juga anjlok di sejumlah negara Asian Tenggara, termasuk Vietnam dan Thailand.

Di Bangkok, yang temperaturnya jarang di bawah 20 derajat Celsius, suhu udara turun hingga 16 derajat Celsius pada Minggu kemarin.

Sementara, Vietnam mengalami cuaca terdingin dalam kurun waktu 2 dekade. Suhu udara 6 derajat Celsius dirasakan di Hanoi.

Artikel Lainnya:

Ford Motor Hengkang dari Pasar Indonesia

Saksi Kematian Mirna, Jessica Tebar Senyum, Hani Menangis

CSIS: 45 Persen Warga DKI Pilih Ahok, 15 Persen Ridwan Kamil

Polisi Kantongi 4 Alat Bukti Kuat Kasus ‘Kopi Maut’ Mirna

Jokowi Terkesima dengan TV Rakitan Karya Kusrin

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!