25 Negara dengan Pemerintahan Terburuk Sedunia

redaksi.co.id - 25 Negara dengan Pemerintahan Terburuk Sedunia Sulit untuk menentukan bagaimana baik buruknya sebuah pemerintahan. Lembaga riset Legatum Proseprity Index melakukan sebuah studi yang menentukan...

20 0

redaksi.co.id – 25 Negara dengan Pemerintahan Terburuk Sedunia

Sulit untuk menentukan bagaimana baik buruknya sebuah pemerintahan. Lembaga riset Legatum Proseprity Index melakukan sebuah studi yang menentukan negara mana saja yang punya pemerintahan paling buruk di dunia.

Indikator dari penilaiannya mencakup beberapa hal. Pertama adalah apa yang disebut ‘governance’, untuk menentukan kualitas hidup dan kinerja ekonomi sebuah negara.

Governance mengukur kinerja negara berdasarkan tiga area krusial yakni pemerintahan yang efektif dan transparan, pemilihan yang adil dan partisipasi politik, dan aturan hukum.

Dari variabel tersebut dilihat nilai dari negara-negara yang ada. Legatum, seperti dilansir dari World Atlas, Sabtu (23/1/2016) menilai 25 negara dengan pemerintahan terburuk di dunia.

Korelasi dengan korupsi

Membandingkan daftar negara dengan Indeks Persepi Korupsi atau Corruption Perceptions Index (CPI) 2014, dilihat ada keterkaitan antara keduanya.

Sebanyak 21 negara yang ada dalam daftar juga masuk dalam jajaran 50 daftar CPI. Kemudian 10 negara dengan pemerintahan terburuk dari daftar, 9 di antaranya ada di antara 25 negara paling korup di dunia.

Jelasnya, negara korupsi juga cenderung memiliki persoalan dengan kinerja pemerintah yang buruk. Namun, sulit untuk menentukan hubungan sebab akibat dari kedua poin tersebut, apakah buruk karena banyak korupsi, atau banyak korupsi karena pemerintahnya buruk.

Korelasi lain yang dikaitkan dengan pemerintahan yang buruk adalah konflik. Perang, aksi teror adalah kasus yang serius yang terjadi di 13 dari 25 negara yang ada di dalam daftar. Negara mana saja yang pemerintahannya terburuk di dunia?

Berikut daftar negara dengan pemerintahan paling buruk menurut Legatum yang dikuip dari World Atlas

1. Afghanistan

2. Chad

3. Republik Demokrat Kongo

4. Haiti

5. Venezuela

6. Sudan

7. Guinea

8. Suriah

9. Yaman

10. Zimbabwe

11. Republik Afrika Tengah

12. Irak

13. Republik Kongo

14. Mauritania

15. Liberia

16. Angola

17. Nigeria

18. Cote d’Loivre

19. Togo

20. Kamerun

21. Iran

22. Belarusia

23. Ukrania

24. Pakistan

25. Kyrgystan

(Zul/Ndw)

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!