Astronom Temukan 'Planet Jomblo'

redaksi.co.id - Astronom Temukan 'Planet Jomblo' Para astronom telah menemukan sistem surya terbesar yang pernah diketahui. Sistem menghubungkan bintang dan sesuatu yang mengambang bebas dan dianggap...

26 0

redaksi.co.id – Astronom Temukan 'Planet Jomblo'

Para astronom telah menemukan sistem surya terbesar yang pernah diketahui. Sistem menghubungkan bintang dan sesuatu yang mengambang bebas dan dianggap sebagai ‘lonely planet’ dengan orbit satu triliun kilometer dari matahari.

Planet yang dikenal sebagai 2MASS J2126-8140 dan bintang yang disebut TYC 9486-927-1 keduanya diidentifikasi dalam rentang 10 tahun terakhir. Tetapi besarnya jarak antara keduanya membuat planet dan bintang itu dianggap tidak terkait.

Planet 2MASS J2126-8140 adalah raksasa gas dengan ukuran sekitar 12 sampai 15 kali massa Jupiter dan terletak sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi.

“Ini adalah sistem planet terluas yang ditemukan sejauh ini dan keduanya telah dikenal selama delapan tahun, tapi sebelumnya tidak ada yang membuat hubungan antara objek itu,” ujar Niall Deacon dari Universitas Hertfordshire di Inggris dilansir dari Sience Alert, Rabu (27/1).

Ia mengakui planet tersebut tidak cukup ‘kesepian’ seperti yang pertama dipikir para astronom. “Tapi pasti jarak hubungan sangat panjang,” katanya.

Jarak 2MASS J2126-8140 itu dari bintangnya adalah sekitar tujuh ribu kali jarak antara Bumi dan Matahari. Hal ini membuat orbit terluas dari setiap planet dengan binang dengan jarak yang signifikan.

Ini berarti 2MASS J2126-8140 telah menyelesaikan kurang dari 50 orbit mengelilingi bintangnya secara total. Sementara itu, menurut para peneliti, tidak mungkin 2MASS J2126-8140 akan menopang kehidupan. Temuan ini diterbitkan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society.

Artikel Lainnya:

Daftar Negara Asia Paling Korup

30 Bandara di Indonesia Tidak Aman

Alasan Telkom Blokir Netflix

Penampakan Pasha Ungu Kenakan Seragam Pejabat Daerah

10 Mitos Seks yang Wajib Dipahami

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!