Sentul Batal, Presiden Jokowi Wacanakan Sirkuit Jalanan di GBK

redaksi.co.id - Sentul Batal, Presiden Jokowi Wacanakan Sirkuit Jalanan di GBK Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah memutuskan tidak memakai Sirkuit Internasional Sentul sebagai venue gelaran...

69 0

redaksi.co.id – Sentul Batal, Presiden Jokowi Wacanakan Sirkuit Jalanan di GBK

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah memutuskan tidak memakai Sirkuit Internasional Sentul sebagai venue gelaran MotoGP Indonesia tahun 2017 hingga 2019. Presiden sempat mengusulkan membuat sirkuit jalanan seperti di Monaco dan Singapura.

Pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membenarkan kalau Presiden Jokowi ingin membuat sirkuit jalanan. Rencananya hal itu akan dilakukan di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

“Awalnya, Presiden ingin GBK. Kemarin kami sudah menggelar rapat dengan orang yang mengerti sirkuit, intinya GBK memiliki tingkat kesulitan yang tinggi,” imbuh juru bicara Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Namun opsi memilih jalan di sekitar Stadion GBK sebagai lintasan langsung gugur karena area itu merupakan arena umum yang digunakan untuk masyarakat luas. GBK sering digunakan untuk even-even sepeti pameran hingga bazar.

“Yang diterima adalah sirkuit yang benar-benar digunakan untuk balapan. GBK berbeda dengan sirkuit Marina Bay di Singapura maupun di Monte Carlo, Monako, di mana pihak kota penyelenggara bisa menjamin setiap kali dipakai untuk umum bisa kembali difungsikan sebagai arena balap,” papar Gatot.

Sentul dibatalkan karena biaya renovasi yang mahal. Pemerintah memutuskan tidak akan menggunakan dana APBN untuk proses renovasi dan perbaikan infrastruktur, karena sulit melakukan model bisnis yang melibatkan APBN ke pihak swasta murni.

Selain GBK, ada dua opsi pengganti Sentul. Yang pertama dan paling kuat adalah sirkuit di Palembang karena sudah memenuhi persyaratan, yakni Badan Milik Negara. Yang kedua membuat sirkuit baru di daerah Jawa Barat.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!