Menperin: Ford Gagal di Indonesia Karena Tak Mau Berinvestasi

redaksi.co.id - Menperin: Ford Gagal di Indonesia Karena Tak Mau Berinvestasi Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, berhentinya distribusi Ford Motor Indonesia tidak mempengaruhi investasi di sektor...

31 0

redaksi.co.id – Menperin: Ford Gagal di Indonesia Karena Tak Mau Berinvestasi

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, berhentinya distribusi Ford Motor Indonesia tidak mempengaruhi investasi di sektor otomotif.

Pasalnya mobil asal Eropa tersebut tidak berinvestasi dan membangun pabrik di dalam negeri.

Ford hanya mengimpor mobil dari pabriknya di Thailand, maka tidak akan ada dampaknya bagi industri otomotif nasional, ujar Saleh di Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Saleh memaparkan selama ini keberadaan Ford di Indonesia tidak didukung dengan industri komponen. Hal ini berbeda dengan industri kendaraan bermotor lain yang juga membangun struktur industri komponen di Indonesia.

Sudah tentu Ford kalah bersaing karena kompetitornya memproduksi komponen di Indonesia,” ungkap Saleh.

Saleh memaparkan salah satu faktor kegagalan Ford Motor Indonesia karena tidak berinvestasi di dalam negeri. Hal itu pun tidak mendorong. Industri komponen di dalam negeri

“Para pabrikan itu membangun industri komponen di sini karena mereka bervisi panjang, serius,” ungkap Saleh.

Menteri asal partai politik Hanura itu pun mengajak para pelaku usaha di sektor otomotif terus mengembangkan investasinya di tanah air.

“Maka, ayo jadikan Indonesia jadikan basis produksi jika ingin menangi persaingan, jangan hanya menjadikan pasar saja, tegas Menteri Saleh.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!