Cuma 5 Menit per Hari, Kebiasaan Ini Akan Untungkan Anda

redaksi.co.id - Cuma 5 Menit per Hari, Kebiasaan Ini Akan Untungkan Anda Kesuksesan dalam berkarier, keuangan, hingga hubungan asmara sering kali dimulai dengan kebiasaan yang baik.Sama...

22 0

redaksi.co.id – Cuma 5 Menit per Hari, Kebiasaan Ini Akan Untungkan Anda

Kesuksesan dalam berkarier, keuangan, hingga hubungan asmara sering kali dimulai dengan kebiasaan yang baik.

Sama seperti halnya jika Anda ingin mengelola keuangan dengan baik, menabung lebih banyak, dan bisa membeli berbagai barang yang dikehendaki. Kebiasaan yang baik selalu ampuh menjadi kuncinya.

Bicara soal kebiasaan finansial, terdapat satu rutinitas yang dapat dilakukan setiap hari dan mampu membantu Anda mengatasi kesulitan keuangan. Kebiasaan ini juga hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit per hari.

Kebiasaan tersebut adalah memanfaatkan waktu 5 menit di akhir hari untuk mencatat seluruh pengeluaran per hari.

Anda hanya perlu membuat format pribadi menggunakan aplikasi Excel di komputer, lantas menambahkan setiap pengeluaran yang dilakukan per hari.

Setiap akhir bulan, isi total pendapatan dan kurangi jumlah seluruh pengeluaran. Selisih dari pengeluaran itu akan menjadi tabungan bulanan Anda.

Rutinitas selama 5 menit per hari itu akan sangat menguntungkan, berdasarkan tiga alasan berikut seperti dilansir dari laman Business Insider, Rabu (27/1/2016):

1. Menghindari pengeluaran berlebihan

Anda tak akan menyadari seberapa cepat uang tunai di dompet habis terpakai hingga menulis seluruh pembelian yang dilakukan. Tindakan mencatat pembelian akan memberikan rasa waspada tersendiri untuk mengecek pengeluaran saat belanja.

Selain itu, aksi ini bermanfaat untuk mengendalikan setiap pembelian yang tak terlalu penting.

2. Menantang Anda untuk menekan pengeluaran

Mencatat pengeluaran semakin lama akan tampak seperti permainan. Anda mulai melihat seberapa besar uang yang dihabiskan dan mana pembelian yang tidak penting.

Setelah mengetahui berbagai pembelian tak penting yang rutin dilakukan, Anda akan belajar untuk menghentikannya.

3. Menyadari mana kebutuhan dan keinginan

Dengan mencatat setiap pengeluaran per hari, Anda akan menyadari mana pembelian yang berdasarkan kebutuhan atau keinginan.

Ke depan, Anda akan merasa semakin nyaman dengan pengeluaran Anda lantaran memperbaiki pembelian berdasarkan kebutuhan saja.(Sis/Nrm)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!