10 Negara Paling Korup di Dunia, Mana Saja?

redaksi.co.id - 10 Negara Paling Korup di Dunia, Mana Saja? Setiap tahunnya, koalisi anti korupsi gobal, Transparency International melansir daftar Corruption Perception Index. Sebuah hasil survey...

12 0

redaksi.co.id – 10 Negara Paling Korup di Dunia, Mana Saja?

Setiap tahunnya, koalisi anti korupsi gobal, Transparency International melansir daftar Corruption Perception Index. Sebuah hasil survey mengenai Negara terkorup menurut persepsi warga dunia.

Studi tersebut dilakukan terhadap 168 negara dan memberi rentang nilai 0 hingga 100 pada tiap Negara tergantung tingkat korupsi yang pernah dilakukan.

Berikut adalah 10 negara terkorup di dunia seperti dilansir dalam Business Insider,Kamis (28/1/2016):

10. Israel

Negara ini mencetak nilai 61 dari 100 poin survei. Skandal korupsi terbesar Israel terjadi pada tahun 2015 saat mantan Perdana Menteri Ehud Olmert terbukti bersalah saat mendapatkan uang sebesar US$ 150.000 dari perusahaan properti asal Amerika.

9. Slovenia

Terdapat beberapa skandal korupsi besar yang telah terjadi di Negara ini. Pada tahun 2013 dan 2014, protes besar-besaran terjadi untuk menuntut Perdana Menteri Janez Janza dan pemimpin oposisi Zoran Jankovi karena mereka dituduh menyembunyikan asset pribadi mereka sebenarnya

8. Republik Ceko

Nilai yang didapat negara ini adalah 56, naik 4 poin dari yang tahun lalu hanya mencapai 51 poin. Hal ini dikarenakan banyaknya skandal politik yang terjadi dan menyeret Perdana Menteri Petr Necas.

7. Korea Selatan

Korupsi merupakan masalah besar di Korea Selatan. Pada tahun 2015, Perdana Menteri Lee Wan-koo dipaksa mengundurkan diri pada bulan April setelah dituduh menerima suap dalam kasus bunuh diri dari seorang pengusaha terkemuka. Korea Selatan mendapat nilai 56 dari indeks 100 pada indeks korupsi.

6. Hungaria

Hungaria telah menjadi Negara lebih korup dalam satu tahun terakhir. Tindak korupsi yang paling sering dilakukan adalah memberikan dokter dan ahli bedah suap dalam tiap praktiknya. Masyarakatnya bahkan telah menganggap bahwa tindakan ini merupakan tindakan yang normal.

5. Slovakia

Dalam beberapa tahun terakhir, kasus “Gorilla Scandal” telah berkembang pesat di Slovakia. Gorilla Scandal merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh politisi, pejabat, dan eksekutif bisnis untuk memberikan suap demi mendapatkan kontrak.

4. Yunani

Tindak korupsi di Yunani telah membludak sejak survei yang diadakan tahun lalu. Dikenal dengan istilah fakelaki, warga Yunani biasa untuk memberikan uang suap agar mampu mendapatkan servis yang lebih baik

3. Italia

Korupsi di negara pemangku ekonomi Eropa ini biasanya diasosiasikan dengan kehadiran Perdana Menteri Silvio Berlusconi. Ia telah dijerat tindak pidana korupsi berkali-kali dan telah telah terbukti menyuap seorang senator pada tahun 2015.

2. Turki

Pada tahun 2014, negara ini dikejutkan dengan kasus pidana korupsi masif yang terkuak melibatkan sejumlah nama pejabat. Mereka terbukti bersalah dengan ikut serta dalam tindak pencucian uang, penipuan hingga penyuapan.

1. Meksiko

Peringkat pertama jatuh pada Meksiko. Hal ini dikarenakan Negara ini merupakan gudang obat-obat terlarang yang biasa sering diselundupkan ke beberapa negara termasuk Amerika Serikat (AS). Tingkat kriminalitas di Meksiko juga tergolong tinggi. (Vna/Ndw)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!