Perayaan Ulang Tahun Bos Yakuza Jepang Penuh Kerahasiaan dan Ketegangan

redaksi.co.id - Perayaan Ulang Tahun Bos Yakuza Jepang Penuh Kerahasiaan dan Ketegangan "Polisi terus mengamati secara serius semua perkembangan dan bentrokan yang terjadi antara Yamaguchigumi dengan...

67 0

redaksi.co.id – Perayaan Ulang Tahun Bos Yakuza Jepang Penuh Kerahasiaan dan Ketegangan

“Polisi terus mengamati secara serius semua perkembangan dan bentrokan yang terjadi antara Yamaguchigumi dengan pecahannya Kobe Yamaguchigumi (KY) di tengah perayaan ulang tahun ke-74 kemarin,” papar sumber Tribunnews.com Selasa ini (26/1/2016).

Tsukasa muncul di stasiun Shin Kobe skeitar jam 10 pagi kemarin dikawal beberapa bodyguardnya, langsung menuju markas besar Yamaguchigumi di daerah Nadaku, kota Kobe.

Menggunakan coat jas warna hitam, syal putih dan baju dalam warna merah, tampak bos Yamaguchigumi ini sangat fashionable dengan buatan luar negeri dan berharga mahal.

Para anggota, pimpinan kelompok yang berafiliasi dengan Yamaguchigumi pagi hari sekitar jam 10 sudah mulai berdatangan dengan pemeriksaan ketat.

Mulai pemeriksaan identitas, juga memperlihatkan tanda logo Yamaguchigumi menggunakan nomor di bagian atasnya sebagai identifikasi.

Tidak banyak info ke luar mengenai perayaan kemarin yang tampaknya sangat dirahasiakan.

Bagi polisi pun sekaligus merasakan ketegangan lebih lanjut menghindari keributan dengan kelompok KY yang ditakutkan adanya kemungkinan menyerang mendadak di tengah perayaan tersebut.

Acara dimulai dengan jamuan sederhana, serta penyerahan berbagai hadiah dari berbagai pimpinan afiliasi.

Hadiah itu termasuk juga uang di dalam amplop sebagai ucapan selamat ulang tahun kepada sang bos.

Jumlah uang beraneka ragam, namun dipastikan sedikitnya 100.000 yen per orang dimasukkan ke dalam amplop diberikan langsung kepada bos Tsukasa tersebut.

Tahun lalu hadiah ulang tahun kepada Tsukasa menurut berbagai sumber mencapai lebih dari 100 juta yen secara keseluruihan dari berbagai anggota afiliasi dan pimpinan yakuza dalam payung Yamaguchigumi. Perayaan ulang tahun Tsukasa juga menandakan perayaan 101 tahun kelompok Yamaguchigumi.

Sumbangan uang ulang tahun yang sangat besar itulah plus uang iuran bulanan yang juga sangat besar sekitar 1,5 juta yen per kelompok per bulan, menjadi salah satu penyebab pecahnya Yamaguchigumi tahun lalu.

Menarik dari perayaan kali ini adalah pimpinan kelompok ketiga terbesar Yakuza di Jepang, Inagawakai yang biasanya datang, kali ini tidak hadir di perayaan tersebut.

“Ini juga satu tanda menarik yang mesti kita perhatikan bersama, karena selama ini Inagawakai banyak mendukung Yamaguchigumi. Namun setelah perpecahan per 1 September 2015, mungkin ada kerenggangan di antara kedua kelompok tersebut.”

Yang pasti setelah pembentukan kelompok saingan KY, kelompok yang dipimpin Kunio Inoue (KY) seolah mendapat dukungan dari kelompok yakuza kuat lain yaitu Sumiyoshikai yang hadir saat pembentukan KY September tahun lalu.

Info lengkap yakuza dapat dibaca di www.yakuza.in

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!