Jepang Akan Buat Pesawat Tempur Stealth Tahun 2030

redaksi.co.id - Jepang Akan Buat Pesawat Tempur Stealth Tahun 2030 "Rencana Jepang akan membuat pesawat Stealth dan meluncurkan tahun 2030. Namun tentu tergantung berbagai pertimbangan yang...

10 0

redaksi.co.id – Jepang Akan Buat Pesawat Tempur Stealth Tahun 2030

“Rencana Jepang akan membuat pesawat Stealth dan meluncurkan tahun 2030. Namun tentu tergantung berbagai pertimbangan yang ada saat ini karena anggarannya snagat besar sekali dan perlu tidaknya pembuatan tersebut,” papar Kosuke Takahashi, 47, Pemred Huffinton Japan dalam acara TV Tokyo MX pagi ini, Jumat (29/1/2016).

Untuk itu, ujarnya, pesawat Stealth Jepang itu nantinya rencana adalah F-3 diperkirakan dengan anggaran sekitar 320 miliar yen.

“Sekitar 220 perusahaan telah dikumpulkan untuk proyek tersebut dan 90% adalah perusahaan Jepang,” katanya.

Guna pembuatan pesawat Stealth ini pihak Amerika Serikat sama sekali tak mau memberikan bantuan atau kerjasamanya.

“Padahal Jepang-Amerika kan ada perjanjian kerjasama militernya. Saat diminta gambaran mengenai Stealth saja pihak Amerika tampaknya sudah menolaknya. Jadi biar bagaimana pun Jepang akan membuat sendiri pesawat Stealth ini,” katanya.

Saat ini Jepang memiliki beberapa pesawat tempur.

Tipe F-2 sebanyak 92 pesawat. Dulu Jepang mau buat sendiri namun akhirnya pihak Amerika mendekati dan akhirnya kerjasama, walaupun sempat di bidang permesinannya bermasalah dulu.

Lalu tipe F-4 ada 55 pesawat. Tipe pesawat ini yang diterjunkan saat perang Vietnam dulu.

Kemudian tipe F-15 sebanyak 201 unit pesawat yang merupakan tipe terbaru.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!