Murray Bidik Gelar Grand Slam Australia Terbuka

redaksi.co.id - Murray Bidik Gelar Grand Slam Australia Terbuka MELBOURNE -- Petenis Inggris Raya, Andy Murray melenggang ke babak final Australia Terbuka 2016. Peringkat dua dunia...

15 0

redaksi.co.id – Murray Bidik Gelar Grand Slam Australia Terbuka

MELBOURNE — Petenis Inggris Raya, Andy Murray melenggang ke babak final Australia Terbuka 2016. Peringkat dua dunia ini berhasil mengalahkan petenis Kanada Milos Raonic di lima set pertandingan dengan skor 4-6, 7-5, 6-7 (4-7), 6-4 6-2 pada semifinal turnamen yang dihelat di Melbourne Park ini.

Murray sempat kalah unggul pada set pertama. Selanjutnya, Raonic merebut poin pada set pertama dan ketiga. Namun, Murray mencatatkan keunggulan dalam keseluruhan permainan yang berlangsung dalam tempo 4 jam yang melelahkan.

“Sulit di set ketiga. Saat tie-break dia tidak melewatkan servis tunggal dan itu membuat frustasi ketika anda tidak mendapatkan suara dalam poin,” kata petenis yang telah menjadi runner-up turnamen empat kali ini dilansir dari BBC, Sabtu (30/1). “Selama pertandingan, saya mendapatkan catatan yang lebih baik dari servisnya dan itu penting”.

Selama turnamen berlangsung di Rod Laver Arena, banyak faktor dari luar lapangan yang membuat fokus Murray terganggu. Istri Murray, Kim Sears, tengah hamil di kediamannya di Inggris. Sementara itu, ayahnya Nigel baru sembuh dari sakit.

Meskipun melewati lima putaran pertama relatif tanpa cedera, namun Murray membuat awal penampilan terburuk untuk pertandingan semifinal Australia Terbuka yang kali keenam ia ikuti.

Dalam perburuan tempat di final turnamen Grand Slam pertamanya, peringkat ke-13 dunia asal Kanada itu tampil memukau dengan mematahkan Murray di set pertama. Petenis Inggris Raya ini gagal mengeksekusi tiga break point atas Raonic, dengan kalah unggul poin 2-0 di belakang Raonic.

Raonic, yang tampil tak terkalahkan pada 2016, telah memenangkan turnamen Brisbane Terbuka awal bulan Januari ini. Raonic terbilang jarang mengancam servis lawannya. Kesabaran Murray pun diganjar saat ia mengambil set kedua dengan unggul 7-5. Raonic kembali unggul di set ketiga.

Namun, hal itu tidak mempengaruhi kepercayaan diri Murray dan ia memastikan diri dengan merebut poin di set keempat 6-4. Raonic tampaknya mulai kelelahan setelah mengalami cedera menjelang set kelima. Murray masih lebih kuat, sehingga merebut poin dengan mudah di set terakhir.

Dengan hasil ini, baik Murray maupun saudaranya Jamie Murray merupakan pemain kakak-beradik yang pertama mencapai final turnamen Grand Slam di masing-masing sektor yaitu tunggal putra dan ganda putra. Jamie Murray dan Bruno Soares akan berhadapan dengan Daniel Nestor dan Radek Stepanek di sektor ganda babak final turnamen.

Petenis Skotlandia ini akan berhadapan dengan juara bertahan Novak Djokovic di final besok Ahad (31/1). Pada semifinal, Djokovic mengalahkan petenis asal Swiss Roger Federer di empat set 6-1, 6-2, 3-6, 6-3. Ini merupakan turnamen Grand Slam ketiga, di mana Djokovic mengalahkan Federer, yang kemudian memperpanjang masa penantian Federer untuk mencapai gelar yang ke-18.

Murray akan bertarung di final turnamen Grand Slam yang kesembilan. Ia tengah mengincar gelar besar ketiganya, setelah memenangkan turnamen Amerika Serikat Terbuka 2012 dan Wimbledon 2013. Sedangkan Djokovic tampil tak terkalahkan pada lima penampilan babak final Australia Terbuka. Djokovic tercatat telah mengalahkan Murray di tiga pertandingan di antaranya.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article
  • Uncategorized

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!