Cara Mudah Buat Pembangkit Listrik Rumahan

redaksi.co.id - Cara Mudah Buat Pembangkit Listrik Rumahan SHANGHAI -- Anda bisa membuat pembangkit listrik di rumah sendiri. Untuk membuat pembangkit listrik kecil, semua yang Anda...

43 0

redaksi.co.id – Cara Mudah Buat Pembangkit Listrik Rumahan

SHANGHAI — Anda bisa membuat pembangkit listrik di rumah sendiri. Untuk membuat pembangkit listrik kecil, semua yang Anda butuhkan hanyalah beberapa peralatan rumah tangga. Dengan menggunakan kardus, teflon tape atau polytetrafluoroethylene (PTFE) dan pensil untuk menghasilkan energi.

Mahasiswa post doktoral (S3) dari Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) menemukan perangkat yang bekerja sebagai pembangkit listrik rumahan setara dengan dengan dua baterai AA.

Dilansir dari Phys.org, sistem ini murah dan ramah lingkungan. Dengan bergantung pada listrik statis, perangkat dapat menghasilkan lebih dari tiga volt yang cukup untuk menyalakan layar LCD kecil.

Para peneliti dari EPFL dan Universitas Tokyo memamerkan perangkat tersebut di sebuah konferensi global sistem mikro dan nano di Shanghai.

Untuk membangun sistem, para peneliti menggunakan dua kartu kecil. Salah satu sisi masing-masing kartu diwarnai dengan pensil. Hal ini menciptakan sebuah elektroda dari karbon.

Kemudian, tim merekatkan teflon tape, membuat tumpukan dari lapisan kertas, karbon menghadap ke luar, kertas di dalam dan lapisan teflon di tengah.

Peneliti menggabungkan bahan ke dalam kontak menggunakan kapasitor untuk menyerap arus. Dengan menekuk sedikit kartu, keduanya kemudian direkatkan bersama-sama tapi dijaga untuk tidak saling sentuh dan sistem menjadi netral. Bagaimana, tertarik dengan eksperimen kecil ini di rumah Anda?

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!