Virus Zika Mengancam Dunia, Serang 4 Juta Orang, Bagaimana di Indonesia?

redaksi.co.id - Virus Zika Mengancam Dunia, Serang 4 Juta Orang, Bagaimana di Indonesia? JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan virus Zika sedang menyebar dengan cepat...

14 0

redaksi.co.id – Virus Zika Mengancam Dunia, Serang 4 Juta Orang, Bagaimana di Indonesia?

JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan virus Zika sedang menyebar dengan cepat ke seluruh benua Amerika dan dapat menyerang sampai sebanyak 4 juta orang.

Dikutip dari VOA-Indonesia, Virus Zika telah dikaitkan dengan 4.000 orang yang dicurigai menderita mikrocephaly di Brazil, penderitaan yang mengakibatkan ketidak-normalan kepala dan otak kecil pada bayi yang baru lahir.

Tidak ada obat untuk mikrocephaly atau virus itu.

Dikhawatirkan virus ini mudah menyebar ke berbagai belahan negara dunia lainnya.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Apalagi disebut-sebut seorang WNI bernama Inka Wardhana meninggal karena virus mematikan ini.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Oscar Primadi menegaskan bahwa kematian Inka Wardhana bukan akibat virus Zika.

“Perlu diketahui bahwa saat ini konfirmasi pemeriksaan virus Zika hanya bisa dilakukan di laboratiorium tertentu, yaitu Balitbangkes Kemenkes dan Lembaga Biomolekuler Eijkman. Sepanjang tahun 2016 tidak ada laporan hasil konfirmasi virus Zika dari kedua lab tersebut,” kata Oscar dikutip Tribunnews.com dari situs Kemenkes, Sabtu (30/1/2016).

Namun demikian, Kementerian Kesehatan mengimbau agar masyarakat dapat turut aktif melakukan pencegahan kemungkinan tertularnya virus Zika dengan menghindari gigitan nyamuk Aides Agypti, khususnya pemberantasan sarang nyamuk melalui 3M.

“Juga ikut melakukan pengawasan jentik nyamuk dan meningkatkan daya tahun tubuh melalui perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Oscar.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!