Bom ISIS Meledak Dekat Makam Puteri Ali bin Abi Thalib

redaksi.co.id - Bom ISIS Meledak Dekat Makam Puteri Ali bin Abi Thalib , Damaskus - Tiga ledakan bom yang terjadi hampir bersamaan menghantam ibu kota...

15 0

redaksi.co.id – Bom ISIS Meledak Dekat Makam Puteri Ali bin Abi Thalib

, Damaskus – Tiga ledakan bom yang terjadi hampir bersamaan menghantam ibu kota Suriah, Damaksus, pada Minggu, 31 Januari 2016. Tindakan bar-bar itu menewaskan lebih dari 60 orang dan melukai setidaknya 40 orang.

Menurut pemerhati hak asasi manusia berbasis di London, Syrian Observatory fo Human Rihts, lokasi ledakan tidak jauh dari tempat suci kaum Syiah, Sayyida Zeinab. “Di antara korban tewas itu terdapat sejumlah pejuang Syiah. Kemungkinan jumlah korban sepertinya bakal bertambah akibat ledakan yang bersumber dari mobil,” ucap Observatory sebagaimana dikutip Al JAzeera , Minggu, 31 Januari 2016.

Televisi pemerintah dalam siarannya menunjukkan gambar sejumlah gedung hangus terbakar dan bangkai mobil berserakan di sekitar lokasi ledakan. Tak lama setelah peristiwa mengerikan itu, kantor berita Amaq , menyiarkan kabar bahwa Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku bertanggung jawab.

“Serangan itu sengaja ditujukan terhadap basis milisi Syiah di Damaskus,” tulis Amaq , lembaga penyiaran pendudukung ISIS. Lokasi yang menjadi sasaran serangan bom mobil ini terletak di sebelah selatan Damaskus, Di sini terdapat tempat suci bagi kaum Syiah dari Iran, Libanon, dan berbagai belahan dunia lainnya.

Tempat suci ini juga terdapat makam putri Ali bin Abi Thalib, yang diyakini kaum Syiah sebagai pengganti Nabi Muhammad. Sebelumnya, pada 2012 dan 2015, tempat suci ini pernah menjadi sasaran serangan bom. Ketika itu dua bom bunuh diri menewaskan empat orang dan mencederai 13 korban lainnya yang berada di pos penjagaan.

Pada saat yang sama, serangan bom menghantam sebuah bus pengangkut jamaah kaum Syiah yang sedang dalam perjalanan menuju Syaiida Zeinab, menewaskan sedikitnya sembilan orang. Serangan itu diakui dilakukan oleh kelompok Front al-Nusra. AL JAZEERAH | CHOIRUL AMINUDDIN

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!