Pemerintah akan Batasi Pemilikan Asing di Air Baku

redaksi.co.id - Pemerintah akan Batasi Pemilikan Asing di Air Baku JAKARTA. Pemerintah akan memperoteksi industri air baku. Air baku merupakanair yang belum diolah dan biasanya untuk...

17 0

redaksi.co.id – Pemerintah akan Batasi Pemilikan Asing di Air Baku

JAKARTA. Pemerintah akan memperoteksi industri air baku. Air baku merupakanair yang belum diolah dan biasanya untuk suplai irigasi dan air minum.

Taufik Widjojono Sekertaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) mengatakan, pemerintah akan membatasi kepemilikan asing di industri tersebut. Selama ini memang tidak diatur berapa batasan untuk kepemilikan asing.

Akibatnya, akan sangat rawan jika industri air baku mayoritas dikuasai asing. “Ini sangat strategis, karena sifatnya di hulu dan berhubungan langsung dengan sumber daya alam,” kata Taufik, Senin (1/2) di Jakarta.

Selama ini air untuk irigasi gratis, alias tidak dipungut biaya. Dengan dibatasi, menurut Taufik, bentuk pemerintah menjaga kedaulatan.

AIr baku berbeda dengan industri air kemasan, atau air minum untuk dikonsumsi. Karena industri tersebut selama ini memang sudah dibuka untuk kepemilikan asing hingga 95%.

Selain mengusulkan perubahan di industri atau bidang suaha pengelolaan air, Kementerian PU-Perajuga mengusulakan diperbesarnya kepemilikan asing untuk pengelolaan jalan tol dan sampah.

Selama ini kedua industri tadi dipatok 95% untuk asing. Nantinya, pemerintah akan membuka kesempatan bagi asing untuk menguasai hingga 100%.

(red/vit/idayat/AH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!