Ada 4 Gerhana Tahun Ini, Jangan Lewatkan Tanggalnya

redaksi.co.id - Ada 4 Gerhana Tahun Ini, Jangan Lewatkan Tanggalnya , Massachusetts - Salah satu daftar fenomena langit termegah adalah gerhana matahari dan bulan. Bahkan,...

30 0

redaksi.co.id – Ada 4 Gerhana Tahun Ini, Jangan Lewatkan Tanggalnya

, Massachusetts – Salah satu daftar fenomena langit termegah adalah gerhana matahari dan bulan. Bahkan, dalam setahun, ada tujuh kali penampakan kedua jenis gerhana tersebut dalam segala bentuktotal, setengah, dan cincin.

Gerhana matahari total adalah yang paling jarang terjadi. Terakhir tampak pada 1982 dan akan terjadi lagi pada Maret tahun ini. Semua orang menantikan fenomena tersebut. Bukan hanya gerhana matahari total, ternyata ada tiga gerhana lain yang akan muncul tahun ini. Apa saja? Berikut ini daftarnya, seperti dikutip dari Sky & Telescope.

1. Gerhana Matahari Total, 9 Maret

Ini adalah gerhana pertama yang akan terjadi tahun ini. Gerhana matahari total terbentuk karena posisi matahari, bulan, dan bumi sejajar sempurna. Wilayah yang dilalui gerhana ini berada di Pasifik barat, terutama Indonesia. Pada 9 Maret mendatang, gerhana matahari total akan berlangsung selama 4 menit 9 detik.

2. Gerhana Bulan Sebagian, 23 Maret

Dua pekan setelah terjadi gerhana bulan sebagian ini, akan terjadi bulan penuh. Ini sungguh kejadian yang tak biasa. Menjelang pagi pada 23 Maret mendatang, di langit Amerika Serikat, Australia, dan Asia Timur, akan tampak kejadian yang cukup langka ini. Saat itu, akan terjadi gerhana bulan sebesar 78 persen.

3. Gerhana Matahari Cincin, 1 September

Gerhana matahari cincin terjadi saat bulan berada di posisi terjauh dari bumi. Dan itulah situasi pada 1 September mendatang. Kali ini wilayah yang akan dilintasi gerhana adalah beberapa negara Afrika Tengah, seperti Gabon, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Tanzania, Mozambik, dan Madagaskar. Fenomena gerhana ini akan terjadi pada pukul 09.06 waktu setempat dan akan terjadi selama 186 detik.

4. Gerhana Bulan Sebagian, 16 September

Selain 23 Maret, gerhana bulan sebagian akan muncul lagi pada 16 September. Fenomena yang akan terjadi pada pukul 18.54 ini akan menampakkan dirinya di Eropa, Afrika, dan Asia.

SKY & TELESCOPE | AMRI MAHBUB

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!