Mirip Chikungunya, Vaksin Zika Akan Tersedia Akhir Tahun Ini

151

redaksi.co.id – Mirip Chikungunya, Vaksin Zika Akan Tersedia Akhir Tahun Ini

, Amerika -Virus Zika belakangan ini menjadi topik hangat di seluruh dunia. Virus yang tersebar lewat nyamuk Aedes aegypti ini dapat menginfeksi wanita hamil dan menimbulkan ukuran otak mengecil tak wajar pada bayi yang dilahirkan.

Ilmuwan Kanada Gary Kobinger, yang merupakan anggota konsorsium pembuat vaksin Zika, mengatakan sudah ada kemajuan dalam upaya mengatasi Zika. Kami bisa mulai percobaan tahap pertama pada manusia kira-kira Agustus mendatang, kata dia seperti dilansir dari Popular Science, Sabtu, 30 Januari 2016.

Salah satu titik terang pembuatan vaksin adalah karakteristik yang mirip antara Zika dengan Chikungunya. Menurut Kobinger, kemiripan ini memberikan lompatan besar dalam pengembangan vaksin.

Selain pengobatan, peneliti juga terus memahami karakteristik Zika. Bagaimana ia menyebabkan mikrocephalus atau sindrom Guillain-Barre juga sangat penting. Ini untuk memastikan vaksin kami aman bagi mereka yang membutuhkan, kata dia.

Joseph Kim, direktur dari perusahaan obat Inovio yang menyokong pembuatan vaksin, mengatakan target akhir tahun sangat agresif; namun bukan mustahil. Menurut dia, bila percobaan Agustus mendatang berhasil, pada Oktober dan November, pengidap wabah ini sudah dapat menggunakan vaksin.

Selain Inovio, Amerika dan Butantan Institute dari Brasil juga tengah mengembangkan dua kandidat vaksin lain. Namun, tak secepat Inovio, obat ini diperkirakan baru dapat digunakan tiga hingga lima tahun mendatang.

POPULAR SCIENCE | REUTERS | URSULA FLORENE

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!