Sejarah Hari Ini (3 Februari): Rekor Kemenangan Terbesar Tottenham Hotspur

redaksi.co.id - Sejarah Hari Ini (3 Februari): Rekor Kemenangan Terbesar Tottenham Hotspur Les Allen mencetak lima gol saat Tottenham Hotspur menggasak Crewe 13-2 pada 1960.Pada 3...

31 0

redaksi.co.id – Sejarah Hari Ini (3 Februari): Rekor Kemenangan Terbesar Tottenham Hotspur

Les Allen mencetak lima gol saat Tottenham Hotspur menggasak Crewe 13-2 pada 1960.

Pada 3 Februari 1960, Tottenham Hotspur membuat sebuah rekor kemenangan terbesar mereka sepanjang sejarah, yang hingga kini belum terpecahkan.

Spurs menggasak Crewe Alexandra 13-2 di partai ulangan putaran keempat Piala FA di White Hart Lane, dengan jumlah penonton sebesar 64.365 orang. Siapa pun tak ada yang menduga kalau klub asal London itu bakal mampu membukukan kemenangan fantastis sebesar itu. Pasalnya, di laga sebelumnya, pada 30 Januari, di Cresty Road,kedua tim hanya bermain imbang 2-2.

Ketika itu Crewe memang merupakan klub yang menghuni peringkat ke-17 di Divisi Empat, sedangkan Spurs ada di puncak klasemen sementara Divisi Pertama. Meski begitu, Crewe sempat membuktikan di leg pertama kalau mereka adalah lawan yang sepadan.

Namun, hal itu tak terjadi di leg kedua. Tampil di hadapan pendukung sendiri, Tottenham tidak membuang waktu untuk langsung mendominasi permainan. Ketika pertandingan sudah memasuki menitke-30, mereka bahkan sudah unggul 6-1. Hingga akhir babak pertama,skor dengan cepat berubah menjadi 10-1. Rupanya, dahsyatnya serangan Spurs masih berlanjut di babak kedua. Mereka menuntaskan laga dengan skor mencolok 13-2.

Di pertandingan ini, Les Allen menyumbang lima gol, yang diikuti dengan Bobby Smith (empat gol), Cliff Jones (tiga gol), dan Tommy Harmer (satu gol). Crewe hanya mampu membalas dengan dua gol, di masing-masing babak.

Sayangnya, Spurs tidak tampil maksimal di putaran berikutnya karena mereka kalah 3-1 di tangan Blackburn Rovers. Meski begitu,mereka akhirnya bisa membalaskan kegagalan itu dengan raihan gelar ganda pada musim berikutnya, yakni di ajang liga dan Piala FA. Yang menarik, di musim itu, mereka kembali bertemu dengan Crewe dan mengalahkan lagi, tapi cukup dengan skor 5-1, tepatnya di putarankelima Piala FA.

Kemenangan 13-2 atas Crewe itu sekaligus merupakan rekor kemenangan terbesar mereka kala bermain di kandang.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!