Ini Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan RI Supaya Seperti Korea

redaksi.co.id - Ini Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan RI Supaya Seperti Korea Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoromenyebut dua jurusan studi yang akan menjadi tulang punggung dan masa...

33 0

redaksi.co.id – Ini Jurusan Kuliah Yang Dibutuhkan RI Supaya Seperti Korea

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoromenyebut dua jurusan studi yang akan menjadi tulang punggung dan masa depan Indonesia. Jurusan tersebut adalah Engineering (Insinyur) dan Science (Ilmu pasti) yang dapat mengantarkan Indonesia sebagai negara

“Bidang yang harus diperbanyak jumlahnya adalah engineering dan science. Ini masa depan kita,” tegas Bambang saat acara Welcoming Alumni LPDP di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Indonesia, Bambang menuturkan, perlu jumlah insinyur dan alumni dari ilmu pasti yang lebih banyak agar Negara ini dapat menjadi negara industri mandiri dan kompetitif. Tujuannya, sambung Bambang, agar Indonesia dapat berhasil melakukan transformasi dari negara yang mengandalkan komoditas ke pengembangan industri manufaktur.

“Ekonomi kita sedang mengalami transformasi, karena dulu terbuai dengan harga komoditas. Jadi yang laku insinyur tambang. Sekarang harga minyak dan komoditas lain lagi turun, kita perlu mengembangkan manufaktur, sehingga peran engineering dan science sangat besar,” jelas dia.

Bambang mengakui, Indonesia perlu belajar dari Korea Selatanuntuk menjadi negara industri. Negeri Gingseng ini mampu menunjukkan meskipun tidak sekaya Indonesia dalam hal sumber daya alam, namun bisa menjadi negara maju dengan mengandalkan industri dalam negeri.

“Lihat saja, industri di Korea maju pesat, pabrik elektronik levelnya harus seperti Samsung. Apple saja kelabakan menghadapi Samsung. Kita butuh negara industri dengan dukungan sumber daya manusia. Kita ingin jadi Korea kedua,” harap Bambang. (Fik/Ahm)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!