Pep Guardiola Bawa Gerbong Staf ke Manchester City

redaksi.co.id - Pep Guardiola Bawa Gerbong Staf ke Manchester City © Pep Guardiola (Reuters/Juan Medina) Pep Guardiola Pep Guardiola...

19 0

redaksi.co.id – Pep Guardiola Bawa Gerbong Staf ke Manchester City

© Pep Guardiola (Reuters/Juan Medina) Pep Guardiola

Pep Guardiola akan menangani Manchester City mulai musim depan. Di ManCity,Guardiola telah diikat kontrak selama 3 tahun. Tentu di Manchester City Guardiola tidak akan sendirian mengatur tim. Guardiola akan membawa setidaknya empat orang ke City.

Empat orang itu nantinya akan membantu Guardiola mulai dari latihan, hingga urusan taktik saat pertandingan. Siapa sajakah mereka?

Melansir Manchester Evening News, berikut empat orang yang kabarnya akan dibawa serta Guardiola ke Etihad Stadium.

1. Manuel Estiarte (Asisten Pribadi)

Dari empat orang yang dirumorkan, nama Manuel Estiarte boleh jadi yang paling unik. Pasalnya, Estiarte tidak memiliki latar belakang sepak bola.

Meski begitu, Estiarte tetap seorang olahragawan. Dia adalah mantan atlet polo air Spanyol yang telah mengukir prestasi di olimpiade, antara lain medali emas di Olimpiade Atlanta, 1996.

Estiarte yang telah pensiun sudah bekerja sama dengan Pep sejak 2008. Kerja sama keduanya tidak terlepas dari ayah Guardiola dan Estiarte yang memang telah berteman sebelumnya.

Estiarte pernah berperan penting dalam kehidupan Guardiola. Pada 2001 saat masih bermain, Guardiola sempat diduga melakukan doping. Di saat itulah Estiarte mendukung penuh Guardiola, yang belakangan tidak terbukti bersalah.

2. Domenec Torrent (Asisten Pelatih)

Wajah Domenec Torrent kerap terlihat di samping Guardiola saat mendampingi Bayern Muenchen bertanding. Namun sejatinya, kedua sosok ini telah bekerja sama sejak di Barcelona.

Kerja sama keduanya dimulai ketika Guardiola ditugasi Barca menangani tim Barcelona B pada 2007. Sejak saat itu keduanya terus bekerja sama meski saat di tim senior Barca, Guardiola lebih sering didampingi Tito Villanova.

Bukan tanpa alasan Guardiola memilih Torrent sebagai pendampingnya. Torrent lihai dalam melihat potensi dan mengembangkan pemain muda.

Buktinya adalah delapan pemain muda yang dipakai Guardiola di musim pertamanya menukangi Barcelona senior.

3. Lorenzo Buenaventura (Pelatih Fisik)

Permainan cepat yang diusung Guardiola mustahil tercipta tanpa fisik yang prima. Dan untuk urusan fisik serta kebugaran pemain, Guardiola menyerahkan hal itu ke tangan Lorenzo Bonaventura. Sama seperti Torrent, Buenaventura telah bekerja sama dengan Guardiola sejak di Barcelona.

Telegraph melaporkan Buenaventura kerap menggunakan variasi metode dalam latihan untuk membuat fisik pemain prima. Mulai dari memakai metode olahraga rugby hingga tenis.

4. Carles Planchart (Penganalisis Video dan Taktik)

Dalam kerja sama dengan Guardiola, Planchart bertindak sebagai ‘tangan kanan’ Guardiola dalam urusan memantau permainan lawan, menganalisis strategi, dan memantau pemain yang bisa diboyong.

Dalam sebuah buku berjudul Pep Confidential karangan Marti Perarnau, Planchart mengungkapkan cara kerjanya dengan Guardiola dalam hal menganalisis kekuatan lawan dan tim sendiri.

Planchart mengatakan Guardiola selalu suka menonton seluruh video pertandingan begitu pertandingan tersebut selesai. “Dia lalu melihat keseluruhan permainan atau pergerakan khusus yang telah kita tandai. Apakah itu dari pemain demi pemain, tipe pergerakan, atau taktikal,” kata Planchart.

“Dia juga menemukan catatan saya di sana, soal detil pertandingan dan hal khusus untuk diperhatikan, yang telah jadi kesepakatan kami sebelumnya,” Planchart mengakhiri.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!