Birokrasi Rumit, Rio Haryanto Terancam Batal Tampil di F1

redaksi.co.id - Birokrasi Rumit, Rio Haryanto Terancam Batal Tampil di F1 Rio Haryanto kemungkinan besar batal berlaga di Formula 1 bersama Manor Marussia. Masalah birokrasi menjadi...

49 0

redaksi.co.id – Birokrasi Rumit, Rio Haryanto Terancam Batal Tampil di F1

Rio Haryanto kemungkinan besar batal berlaga di Formula 1 bersama Manor Marussia. Masalah birokrasi menjadi penyebab utama Rio terancam gagal tampil di ajang jet darat paling bergengsi di dunia.

Dua minggu lalu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) telah menganggarkan Rp 100 miliar untuk membantu Rio bergabung dengan Manor.

Namun, hingga saat ini dana tersebut belum bisa dicairkan. Sebab, belum ada persetujuan untuk menurunkan uang Rp 100 miliar dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Alfitra Salamm menjelaskan, pencairan uang untuk Rio memakan waktu yang panjang. Padahal, Manor akan mengumumkan pembalap-pembalap yang bakan tampil di Formula 1 pada minggu ini.

“Masalahnya hanya secara birokrasi. Kita baru akan mengusulkan ke APBNP. Tapi masalahnya proses yang sangat panjang, harus ada persetujuan DPR,” ucap Alfitra di kantor Kemenpora kepada Liputan6.com, Rabu (3/2/2016).

“Sementara Pertamina belum mampu untuk bayar uang mukanya. Ini semua persoalan birokrasi. Pemerintah tidak mungkin menalangi problem ini,” katanya.

Alfitra mengatakan pihak Kemenpora tinggal berharap ada bantuan dari para pengusaha untuk mewujudkan mimpi Rio Haryanto. Selain itu, Kemenpora juga mengharapkan belas kasihan dari Manor Marussia.

“Kami ingin pihak-pihak swasta membantu Rio. Pak Menpora (Imam Nahrawi) juga sudah menjadwalkan pertemuan dengan beberapa pengusaha. Kalau dari segi uang APBN, kami baru akan mengusulkan. Ya, kalau DPR tidak setuju mau bagaimana lagi,” katanya.

“Tekad Kemenpora untuk membantu Rio Haryanyo ada, tapi terkendala dengan yang namanya birokrasi. Kita juga berharap Manor bisa memahami keuangan kita,” ujarnya.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!