KPPU Usut Tiga Kasus Penyebab Harga Ayam Tinggi

redaksi.co.id - KPPU Usut Tiga Kasus Penyebab Harga Ayam Tinggi Komisi Pengawas Persaingan Usaha mengatakan banyak penyebab harga ayam tinggi. Kartel ayam hanyalah salah satunya. Ketua...

41 0

redaksi.co.id – KPPU Usut Tiga Kasus Penyebab Harga Ayam Tinggi

Komisi Pengawas Persaingan Usaha mengatakan banyak penyebab harga ayam tinggi. Kartel ayam hanyalah salah satunya. Ketua KPPU Syarkawi Rauf mengatakan masih ada dua kasus lain yang diduga ikut menyebabkan tingginya harga daging ayam. Saat ini kasus kartel ayam memang telah selesai dibahas di tingkat komite. Proses selanjutnya adalah menunggu persidangan.

Selain kasus tersebut, KPPU juga tengah mendalami dua kasus lainnya. “Itu kan baru melanggar satu peraturan saja yaitu Pasal 24 UU No. 5 Tahun 1999,” kata Syarkawi saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 5 November 2915. Ada dua kasus lain yang tengah ditandatangani oleh KPPU. Kedua kasus ini masih dalam pendalaman. Kasus pertama menurut Syarkawi adalah terkait dengan dugaan adanya predatory pricing.

Jadi perusahaan sengaja menjual murah saat harga ayam melonjak. Menurut dia ada dua hingga tiga perusahaan besar yang terlibat dalam hal ini. Kasus kedua adalah dugaan adanya perjanjian antara pengusaha dengan pengusaha lainnya. Hal ini menurut dia terkait dengan asosiasi pedagang. KPPU memang telah mengatakan ada dugaan kartel ayam untuk 12 perusahaan besar yang menyebabkan harga ayam di pasaran tidak stabil.

Dua belas pelaku usaha itu antara lain, PT Charoen Pokphand Jaya Farm, PT Japfa Comfeed Indonesia, PT Satwa Borneo, PT Wonokoyo Jaya Corp, PT CJ-PIA (Cheil Jedang Superfreed), PT Malindo, PT Taat Indah bersinar, PT Cibadak Indah Sari Farm, CV. Missouri, PT Ekspravet Nasuba, PT Reza Perkasa, serta PT Hybro Indonesia.

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!