Misteri Benda Pada Patung Yunani Kuno, Benarkah Laptop?

redaksi.co.id - Misteri Benda Pada Patung Yunani Kuno, Benarkah Laptop? Sejumlah teori konspirasi muncul seputar patung wanita dengan gadis pengawalnya dari Grave Naiskos Yunani ini.Disebut-sebut benda...

179 0

redaksi.co.id – Misteri Benda Pada Patung Yunani Kuno, Benarkah Laptop?

Sejumlah teori konspirasi muncul seputar patung wanita dengan gadis pengawalnya dari Grave Naiskos Yunani ini.

Disebut-sebut benda yang tengah dipegang wanita tersebut merupakan laptop lengkap dengan colokan USB, bukannya kotak perhiasan.

Teori konspirasi mengklaim bagaimana laptop yang muncul di zaman modern, berakhir di sebuah patung Yunani 100 tahun Sebelum Masehi (SM).

Namun sejarawan mengatakan patung itu hanyalah seorang wanita meninggal dunia yang menyentuh sebuah benda.

“Saya tidak mengatakan bahwa ini menggambarkan sebuah komputer laptop kuno,” kata akun teori konspirasi, StillSpeakingOut yang dirilis di Youtube pada tahun 2014.

Namun ketika melihat patung itu, pembuat teori kemudian berpikir tentang mitos Oracle dari Delphi, yang memungkinkan para imam terhubung dengan dewa untuk mengambil informasi canggih dari berbagai aspek.

Teori konspirasi mengklaim, benda yang disentuh wanita dalam patung ini diyakini merupakan sebuah laptop seperti yang ada saat ini (J Paul Getty Museum/Open Content Program via Daily Mail)

Patung dari Grave Naiskos itu dipamerkan di museum The J Paul Getty di Malibu, California.

Menurut sejarawan yang membaca patung itu, seorang wanita duduk-duduk di kursi bantal menyentuh tutup sebuah benda yang dipegang gadis pengawal pada penguburan tersebut.

Konsep gambar ini telah menjadi bagian dari seni penguburan Yunani selama berabad-abad.

Besar kemungkinan itu dikaitkan dengan harapan mereka agar tetap dapat merasakan kesenangan duniawi di akhirat.

StillSpeakingOut menjelaskan, benda tersebut mirip laptop modern atau perangkat genggam dengan port USB.

Sedangkan gambar lain yang diambil oleh seorang turis memperlihatkan objek lebar tetapi strukturnya terlalu sempit untuk menjadi sebuah kotak perhiasan dan tidak cocok dengan penggambaran mitos Kotak Pandora.

Mereka yang tidak percaya dengan mitos Oracle dari Delphi mengatakan, benda itu adalah tablet lilin Yunani kuno yang digunakan untuk menulis dengan stylus atau pena.

Namun peneliti paranormal berpendapat, ‘tablet lilin’ yang ditampikan di relief penguburan tidak menyerupai tablet lilin pada seni Yunani umumnya.

Sedangkan StillSpeakingOut mengatakan, objek di patung ini jauh lebih tipis dibanding tablet lilin.

Ditambah lagi wanita itu tidak memegang stylus yang biasa terlihat di seni Yunani kuno.

Mereka meyakini bila benda dalam patung itu adalah laptop modern yang belum pernah terlihat di contoh lain.

Teori konspirasi mengklaim, mata wanita itu difokuskan pada tutup bagian dalam dari objek, lokasi yang sama dengan monitor laptop. Bagaimana jarinya menyentuh tutup nampak seperti menggunakan perangkat layar sentuh.

“Saya tidak bisa membantu tetapi menurut saya sebagian besar mitos dari artefak magis yang diberikan para dewa untuk kelompok yang sangat terbatas dari peradaban kuno adalah perangkat berteknologi tinggi yang mirip dengan apa yang kita miliki saat ini,” kata StillSpeakingOut.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!