Perang Yaman, Warga Sipil Tewas di Medan Perang

redaksi.co.id - Perang Yaman, Warga Sipil Tewas di Medan Perang Puluhan warga sipil di Yaman tewas setelah mereka terperangkap di medan tempur melibatkan pasukan pemerintah melawan...

23 0

redaksi.co.id – Perang Yaman, Warga Sipil Tewas di Medan Perang

Puluhan warga sipil di Yaman tewas setelah mereka terperangkap di medan tempur melibatkan pasukan pemerintah melawan pemberontak di Kota Taiz. Taiz, kota terbesar ketiga Yaman, dikuasai oleh kaum Houthis selama berbulan-bulan. Di kota ini, dikabarkan sejumlah rumah sakit sudah tidak bisa beroperasi karena minimnya suplai tenaga medis maupun obat-obatan.

Buntut dari pertempuran sengit di kawasan ini, ratusan warga sipil tewas dan meninggalkan masalah kemanusiaan memilukan. Laporan Al Jazeera , Jumat, 5 Februari 2016, menyebutkan, layanan mendasar bagi warga sipil di kota ini juga tidak berjalan. “Masyarakat sangat ketakutan atas berkembangnya berbagai penyakit. Asap hitam membumbung di mana-mana ditimbulkan oleh ledakan bom yang digunakan oleh kedua belah pihak,” tulis Al Jazeera , Jumat.

Pasukan pro-pemerintah tidak sanggup mendekati Kota Taiz setelah mereka mendapat perlawanan sengit kaum Houthi. Mereka mencoba menuju Sanaa dari Jawf, Marib, dan Nehem. “Pasukan pemerintah dan pejuang pro-pemerintah mengaku berhasil menduduki wilayah yang menghubungkan Sanaa melalui Marinb dan Jawf,” kata Al Jazeera . Para pejuang pro-pemerintah menerangkan, mereka sekarang berada di atas pegunungan di Nehem.

Dengan demikian bisa dnegan mudah memotong jalur suplai ke pejuang Houthi dan pasukan pengawal Republik loyalis mantan Presiden Ali Abdullah Saleh. Namun dalam pertempuran sengit di dekat kamp militer dan gudang senjata, lebih dari 60 tentara dan pejuang dari kedua belah pihak tewas. Pejuang Houthi mendapatkan dukungan dari penduduk pedalaman di Provinsi Sanaa dan secara perlahan mengalami kemajuan menguasai pangklan militer Yaman.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!